Baru 5 Perusahaan Beroperasi. Lahan JIIPE Masih Sangat Luas.

JAVA Integreted Industrial and Port Estate (JIIPE) beroperasi sejak 2014. Dua kali Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan kawasan industri terpadu berlokasi di Kecamatan Manyar, Gresik itu. “Pertama datang meresmikan pelabuhan. Kedua, (Presiden Jokowi) meresmikan kawasan industrinya,”ujar Humas JIIPE Mifti Haris, Senin, 21 September 2020.

JIIPE berdiri diatas lahan seluas 1.700 hektare. Saat ini, baru 5 perusahaan yang beroperasi di JIIPE. “Rata-rata, perusahaan yang beroperasi memiliki luas 8 hektare sampai 10 hektare,”kata Mifti yang jabatan resminya, Community Development (Comdev) Manager JIIPE ini. Bila di rata-rata setiap industri membutuhkan lahan seluas 10 hektare, kawasan industri terintegrasi ini bisa menampung 170 perusahaan. Ribuan tenaga kerja bisa terserap di kawasan sedang diusulkan menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK) ini. 

Industri teranyar bakal berdiri di kawasan JIIPE adalah perusahaan peleburan tembaga (smelter) milik PT Freeport McMoran, pemegang saham Feeport Indonesia. Mifti mengatakan, progress pembangunan smelter diatas lahan seluas 100 hektare ini mundur dari rencananya. Seharusnya, awal 2020 pembangunan konstruksi.

“Pematangan lahan sudah selesai.Tapi, tiba-tiba ada pandemi korona sehingga molor,”dalihnya. Melansir investor daily, proyek smelter di JIIPE ini didesain terintegrasi dengan fasilitas pemurnian anoda slime. Smelter tembaga dari proyek ini direncanakan berkapasitas 2 juta ton konsentrat.

Sementara kapasitas smelter anoda sline sebesar 6 ribu ton. Awalnya, Freeport Indonesia berkomitmen menyesaikan smelter ini paling lambat Desember 2023. (chusnul cahyadi/1minute.id)