Berhasil Mengubah Prilaku Masyarakat, Bupati Gresik Raih Penghargaan ODF dan Jer Basuki Mawa Beya

GRESIK,1minute.id – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto kembali mendapakan apresiasi. Kali ini, penghargaan berasal dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa disela upacara Peringatan Hari Jadi ke-75 Provinsi Jatim di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin 12 Oktober 2020.

Dua penghargaan itu adalah Jer Basuki Mawa Beya dan kabupaten Predikat Open Defecation Free (ODF). Penyematan PIN Jer Basuki Mawa Beya disematkan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. 

Menurut Gubernur Jatim Khofifah seperti yang disampaikan Kepala Bagian Humas dan Protokol Reza Pahlevi, penghargaan ini diberikan atas dedikasi, tenaga, pikiran dan jiwa raga yang selama ini diberikan kepada masyarakat.

“Penghargaan Jer Basuki Mawa Beya merupakan bagian dari kekuatan, persatuan hingga seluruh dedikasi, pengorbanan dan perjuangan bersama,”kata Reza, Senin 12 Oktober 2020.

Sebelumnya, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto juga meraih penghargaan sebagai daerah dengan predikat Open Defecation Free (ODF). Penghargaan ini diberikan karena masyarakat Gresik sudah terbebas daru perilaku buang air besar sembarangan. 

Penghargaan ODF itu diberikan pada acara resepsi penganugerahan dan silaturahmi di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu 11 Oktober 2020.

SEMATKAN PIN : Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyematakan PIN Jer Basuki Mawa Beya kepada Bupati Gresik Sambari Halim Radianto   ( foto : humas Pemkab Gresik)

Menurut Reza Pahlevi, penghargaan ini terbilang istimewa karena sebagai bentuk pengakuan bahwa derajat kesehatan masyarakat Gresik telah mengalami peningkatan. Sebelumnya, tambah Reza, kita masih sering menjumpai masyarakat buang air sembarangan.

“Pemerintah beserta berbagai elemen telah berhasil merubah perilaku masyarakat untuk hidup sehat,”tegas Reza.  “Saat ini tiada lagi. Masyarakat Gresik sudah membiasakan diri untuk buang air di WC,”tambahnya. 

Sementara itu, peringatan Hari jadi Provinsi Jawa Timur di halaman Kantor Pemkab Gresik.  Upacara  diikuti oleh berbagai elemen yaitu dari ASN Pemkab Gresik, TNI Polri, Satpol PP dan pasukan dari Dinas Perhubungan Gresik dengan protokol kesehatan.

Inspektur Upacara Komandan Kodim 0817 Gresik Letkol Inf Taufik Ismail. Tampak di kursi undangan Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, Wakil Ketua DPRD Gresik Ahmad Nurhamim, Ketua Pengadilan Negeri Gresik Fransiskus Arkadeus Ruwe. Hadir juga Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Ny Maria Ulfa Sambari, Perwakilan Dharma Wanita serta para Kepala OPD. (*)