KPU Tetapkan DPT Pilbup Gresik 918.192 pemilih. Mayoritas Pemilih Perempuan

GRESIK, 1minute.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilihan bupati dan wakil bupati 2020. Penetapan DPT Pilbup Gresik itu dilakukan di Hotel Horison, Kamis, 15 Oktober 2020.

Acara itu dihadiri panitia pemilihan kecamatan (PPK),  Badan pengawas pemilu (Bawaslu), Kesbangpol, TNI dan Polri.

Ketua KPU Gresik Akhmad Roni mengataka  proses penetapan daftar pemilih tetap ini cukup panjang. Sebelumnya KPU Gresik melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan PPDP untuk pendataan pemilih. 

TAHAPAN PILBUP : Baliho tahapan pemilu ini dipasang di depan pintu masuk kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik ( foto dokumen chusnul cahyadi/1minute.id)

Kemudian muncul daftar pemilih sementara (DPS) yang selanjutnya dilakukan uji publik DPS. Hingga akhirnya didapati jumlah DPT yang ditetapkan dalam rapat pleno terbuka.

“Bisa jadi data ini belum sempurna, tapi ini ikhtiar kami terkait pendataan pemilih. Kami bersama PPK dan PPS sudah berusaha maksimal. Jika ada masukan kami terima dengan bukti otentik dengan by name by address,”kata Roni dikutip melalui laman kab-gresik.kpu.go.id, Jumat 16 Oktober 2020.

Terkait dengan ketentuan tanggapan masyarakat menuju ke DPT, tambahnya, pemilih atau pihak berkepentingan dapat mengajukan usul perbaikan mengenai yang tercantum dalam DPS. 

Dalam rapat pleno setiap PPK menyampaikan hasil DPT setiap kecamatan. Rata-rata per kecamatan memiliki perubahan data. Daftar Pemilih Tetap (DPT) Gresik yakni laki-laki 456.202 pemilih. Sedangkan, perempuan  461.990 pemilih. Total 918.192 pemilih. (*)