Tiga Pemantau Siap Awasi Pilbup Gresik, 9 Desember 2020

Komisioner Devisi SDM dan Parmas KPU Gresik Makmun memberikan sertifikat akreditasi kepada Ketua KIPP Bachtiar Rifa’e


GRESIK,1minute.id – Pemilihan bupati (Pilbup) Gresik tinggal hitungan jari. Pesta demokrasi lima tahunan, 9 Desember 2020 itu akan dipantau oleh tiga lembaga pemantau pemilu.  

Tiga lembaga independen pemantau pemilihan umum diantaranya, Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP).

Ketua KIPP Gresik Bachtiar Rifa’e ketika dikonfirmasi membenarkan KIPP sebagai pemantau Pilbup Gresik. KIPP, tambahnya, telah menerima sertifikat akreditasi sebagai pemantau pemilihan bupati (Pilbup) Gresik.

“Artinya lembaga kami sah dan legal menjadi pemantau,”ujar Bachtiar Rifai melalui pesan WhatsApp, Kamis 3 Desember 2020.

Akreditasi sebagai lembaga pemantau, tambahnya, KIPP berhak mendapatkan akses informasi. “Berhak melakukan pemantauan di TPS,”tambahnya. 

Dalam pilbup Gresik 9 Desember nanti, tambahnya, KIPP akan menerjunkan seratus relawan untuk melakukan pemantauan Pilbup Gresik yang diikuti dua pasangan calon (Paslon) itu. “Seratus relawan kami sebar di semua kecamatan,”ujarnya. 

Terpisah, Komisioner Devisi SDM dan Parmas KPU Gresik Makmun mengatakan, kehadiran pemantau ini adalah bagian dari pastisipasi masyarakat dalam proses pemilihan sangat baik.

“Pemilihan (Pilbup)  sesuatu sangat besar. Target sangat besar kalau banyak orang terlibat, LSM terlibat bagi KPU sangat baik,”ujar Makmun dikonfirmasi selulernya. (*)