Jelang Imlek hanya Pengurus yang Sembayang Mengantarkan Para Dewa ke Langit


GRESIK,1minute.id – Perayaan tahun baru Imlek 2571 Kongzil atau 2021 Masehi sebentar lagi. Tahun baru warga Tionghoa itu jatuh pada Jumat, 12 Februari 2021. Gong Xi Fa Cai yang artinya semoga mendapat kekayaan yang lebih melimpah. 

Sebuah pengharapan baik di awal tahun yang baru. Perayaan Imlek 2571 Kongzil, tahun ini bakal terasa berbeda bagi umat Tridharma di Kota Gresik ini. Wabah coronavirus disease 2019 (Covid-19) berkepanjangan membuat ritual sembayang tidak bisa dilakukan secara berjemaah. Tidak mengumpulkan banyak umat. 
Ketua TITD Kim Hin Kiong Edy Prasetya Tejo mengatakan, tidak kegiatan mengumpulkan banyak umat dalam merayakan Tahun Baru Imlek nanti.

“Sembayang mengantarkan para dewa menuju Kaisar Langit nanti malam  hanya beberapa orang pengurus saja,”ujar Edy Prasetyo Tejo dihubungi tadi sore, Kamis 4 Februari 2021.
Dalam pengamatan 1minute.id siang tadi suasana klenteng berlokasi di Jalan Setiabudi, Gresik itu lengang. Pagar klenteng yang berdasarkan prasasti berdiri 1 Agustus 1153 itu terbuka. Hanya tiga orang pengurus yang terlihat di dalam salah satu klenteng tertua di Jawa Timur itu.  

Lampu lampion juga masih padam. Di bagian pintu bagian timur terpasang sebuah thermo gun untuk mengukur suhu tubuh jemaah yang akan melakukan ritual sembayang. 
Pengurus TITD Kim Hin Kiong melakukan pengawasan ketat prokes untuk mendukung upaya pemerintah menekan persebaran virus berawal dari Wuhan, Tiongkok itu. (*)