1.200 Imam Masjid Divaksin Ibadah Ramadan semakin Khusyuk

Gresik Letkol inf Taufik Ismail, Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, Ketua MUI Gresik KH Mansoer Shodiq memantau vaksinasi imam masjid di Kecamatan Manyar di kantor Bupati Gresik pada Sabtu, 6 Maret 2021 (foto : chusnul cahyadi/1minute.id)

GRESIK,1minute.id – Ribuan ulama dan imam masjid melakukan vaksinasi Covid-19 di kantor Bupati Gresik pada Sabtu, 6 Maret 2021. Vaksinasi dilakukan untuk memberikan perasaan nyaman dan aman bagi jamaah dalam beribadah di bulan suci, Ramadan nanti. 

Vaksinasi ulama dan imam masjid ini dikabarkan kali pertama di Indonesia ini hasil kalaborasi Pemkab Gresik bersama Kodim 0817 Gresik dan Polres Gresik ini dicanangkan oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah.

Ulama dan imam masjid terlihat antusias untuk mengikuti vaksinasi ini. Dr Abdul Kholiq, diantaranya. Imam dan khatib salat Jumat di masjid Agung Maulana Malik Ibrahim di Jalan DR Wahidin Sudirohusodo, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Gresik mendapakan vaksin buatan Sinovac itu.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah mengatakan vaksinasi untuk ulama dan imam masjid se-Gresik sebagai ikhtiar memutus persebaran wabah berawal dari Wuhan, Tiongkok itu. Ulama, imam dan mabrot masjid menjadi prioritas karena mereka banyak bersentuhan langsung dengan jamaah. “Apalagi, saat ini menjelang bulan suci Ramadan,”kata Bu Min-panggilan akrab-Aminatun Habibah. Bu Min didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Gresik drg Syaifuddin Ghozali.

Vaksinasi yang dipusatkan di Kantor Bupati Gresik untuk ulama dan imam masjid berasal dari empat kecamatan yakni Gresik, Kebomas, Manyar , Cerme dan Duduksampeyan. Untuk ulama dan imam masjid di luar empat kecamatan dilakukan di puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan di kecamatan masing-masing. Kabupaten Gresik memiliki 18 kecamatan. 

“Saya pastikan, untuk vaksinasi ulama dan imam masjid ini selain disini (Kantor Bupati) juga digelar serentak di puskesmas dan fasyankes di seluruh Gresik,”kata Kadinkes Syaifudin Ghozali.

Vaksinasi ini dihadiri oleh Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Taufik Ismail, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Gresik Markus serta Ketua MUI Gresik KH Mansoer Shodiq dan Ketua Dewan Masjid Indonesia Zainal Abidin.

Ketua MUI Gresik KH Mansoer Shodiq mengapresiasi program vaksinasi untuk ulama, imam masjid dan marbot ini. Sebab, vaksinasi sebagai ikhtiar menjaga kesehatan. “Apalagi menjelang bulan suci Ramadan, ulama dan imam akan semakin banyak beraktivitas bertemu dengan umat atau jamaah,”kata Kiai Mansoer Shodiq didampingi Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Gresik Zainal Abidin 

Vaksin coronavirus disease 2019 ini, tambahnya, diharapkan jamaah mendapatkan ketenangan dalam beribadah. “Karena imamnya sehat telah mendapatkan vaksin mudah-mudahan pelaksanaan Ramadan bisa semakin khusyuk,”harap Kiai Mansoer Shodiq. 

Selain vaksinasi 1.200 ulama, imam dan marbot ini, Pemkab Gresik mencanangkan seribu vaksinator dan memberikan penghargaan kepada 200 fasilitas pelayan kesehatan (fasyankes). Penghargaan itu diserahkan simbolis oleh wakil bupati Gresik Aminatun Habibah. (*)