Diduga Rem Blong , Dump Truck Muatan Pasir Terjun Bebas Menimpah Rumah Warga

GRESIK,1minute.id – Dump truck bermuatan pasir terjun bebas dari jalan turunan Jalan Mayjend Sungkono, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Gresik pada Kamis, 18 Maret 2021.

Bodi dump truck bernomor polisi (nopol) W 8624 UT menimpah rumah Syamsuri, 49, warga setempat. Hampir separoh bangunan berdinding bata putih yang belum di pelester dengan semen hancur tertimpah bak dump truck berwarna biru itu. 

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal yang terjadi pukul 11.00 itu. Sopir dump truck nahas bernama Agus Joko Susilo, 40, warga Jalan Pemuda Nglames, Desa Ngalames, Kacamatan/Kabupaten Madiun selamat.

Informasi yang dihimpun dump truck berumuatan pasir itu berangkat dari  Surabaya tujuan Manyar, Gresik. Agus Joko Susilo memilih jalan alternatif yakni kawasan industri Mayjend Sungkono daripada masuk Tol Romokalisari, Surabaya.

Jalan Mayjend Sungkono berliku, dan menanjak. Jalan kabupaten itu menurun tajam di depan Balai Rukyat Condrodipo. Agus Joko Susilo panik ketika rem dump truck nopol W 8624 UT sulit kendalikan. Beberapa pemuda 39 tahun itu mencoba mengurangi kecepatan. Akan tetapi, dump truck dengan bak jungkitan warna biru itu terus melaju ke arah Masjid Agung Gresik. 

Pemuda asal Jalan Pemuda Nglames, Desa Nglames, Kecamatan/Kabupaten Madiun membanting stir ke kiri. Truk menabrak tiang pembatas. Serudukan kendaraan berat membuat tiang pembatas dari beton itu patah. Dump truck pun meluncur dan terjum bebas dari ketinggian sekitar 3 meteran. 

Dibagian bawah jalan itu, ada sejumlah rumah warga. Antara lain, Syamsuri. Rumah lelaki kelahiran Desa Wonokerto, Kecamatan Dukun, Gresik. Syamsuri baru membangun rumah itu pada 2019. Dinding rumah terbuat dari batu bata putih belum di pelester semen. “Waktu kejadian saya dan istri masih di sawah,”kata Syamsuri.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto melalui Kasatlantas Polres Gresik AKP Yanto Mulyanto menegaskan tidak korban jiwa. “Diduga human error,”kata Yanto didampingi Kanit Laka Satlantas Polres Gresik Ipda Yossi Eka Prasetyo. (*)