Khawatir Bangunan Ambruk, Pemilik Luminous Pilih Bongkar Kafe di Pucem

GRESIK,1minute.id – Kawasan Bukit Putri Cempo (Pucem) semakin mengkhawatirkan. Bukit kapur itu terus tergerus. Para pemilik kafe di kawasan Desa Ngargosari, Kecamatan Kebomas, Gresik bakal tidak bisa tidur nyenyak.

Pengunjung kafe juga harus waspada.Pasalnya, ancaman bencana tanah longsor bisa sewaktu-waktu terjadi. Meski, curah hujan mulai mereda. 

General manager Liminous Cafe Edi Purwanto mengatakan, kondisi longsor Kawasan Bukit Putri Cempo semakin mengkhawatirkan. “Untuk menghindari ada korban, pihaknya memutuskan untuk membongkar bangunan kafe itu,”ujar Edi Purwanto pada Minggu, 21 Maret 2021.

Pihaknya, tidak menginginkan adanya suatu kejadian yang bisa membahayakan pengunjung kafe. Meski, pihak kecamatan maupun pemerintah desa Ngargosari hanya menyarankan untuk membatasi para pengunjung kafe. “Membatasi pengunjung bisa saja dilakukan, tapi khawatir ketika mereka sedang menikmati ngopi tiba-tiba ada bencana longsor,”ujarnya.

Karena itu, pemilik Luminous Cafe, tambah Edi, memutuskan untuk membongkar bangunan tiga lantai di sisi timur tersebut. “Sedangkan bangunan di sisi barat tetap dipertahankan. “Untuk saat ini, bangunan di sisi barat masih tetap aman. Sambil melihat perkembangannya,”katanya.

Dalam pantauan 1minute.id longsor bukit kapur di Kawasan Putri Cempo semakin parah. Akses jalan alternatif dari Kelurahan Gending-Desa Ngargosari terputus. Sejumlah bangunan terancam longsor. Antara lain, bagian dapur rumah juri kunci Makam Putri Cempo. Tugu gerbang masuk makam Sayyid Abdurrahman, Paman Sunan Giri dan sebagian bangunan Liminous Cafe rontok karena tanah longsor.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani ketika berkunjung ke rumah Musa’adah pada Rabu, 3 Maret 2021 merasa khawatir terkait kondisi rumah Musa’adah itu. Bupati Gresik milinial itu telah meminta keluarga Musa’adah untuk mau pindah rumah. Pasalnya, kondisi rumah mengkhawatirkan. Pemerintah kabupaten (Pemkab) Gresik telah menyediakan rumah sebagai tempat pengungsian sementara.

Siapa yang harus bertanggungjawab longsornya kawasan Bukit Putri Cempo ini? (*)