Dua Pabrik Ludes Terbakar, Kerugian Miliar Rupiah

GRESIK, 1minute.id – Pabrik kayu, PT Nippotech Sejahtera ludes terbakar. Petugas pemadam kebakaran membutuhkan waktu lebih dari 10 jam untuk menjinakkan amuk si jago merah. Petugas damkar Gresik menerima laporan pabrik berlokasi di Jalan Kepatihan Industri, Desa Kepatihan, Kecamatan Menganti pada Senin, 4 Oktober 2021 sekitar pukul 23.30. Hingga hari ini, Selasa, 5 Oktober 2021 pukul 09.10, petugas damkar Gresik masih melakukan pembahasan. 

“Ini kami masih kami lakukan pembahasan,”kata Kepala Seksi (Kasi) Damkar Gresik Eka Prapagasta Widya Darma dikonfirmasi 1minute.id pada Selasa, 5 Oktober 2021. Tidak korban jiwa dalam kebakaran pabrik itu. Sebab, saat amuk si jago merah pabrik tidak beroperasi. Kerugian ditaksir mencapai miliar rupiah. Karena sebagian besar bahan baku kayu dan bangunan pabrik hangus di lahap api.

Kini, polisi masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran pabrik yang kali pertama dilaporkan oleh Basori, warga setempat itu. Sebelumnya, kebakaran juga terjadi di PT Indonesia Morisse Trading di Jalan Gamping, Desa Pongangan, Kecamatan Manyar, Gresik. 

PABRIK KAYU : PT Nippotech Sejahtera di Kepatihan, Kecamatan Menganti, Gresik ludes terbakar pada Senin malam. Petugas Damkar Gresik bisa memadamkan api pada Selasa, 5 Oktober 2021. (Foto: Ist)

Pabrik pengeringan arang itu dilaporkan terbakar pada Senin, 4 Oktober 2021 pukul 23.10. Sekitar 20 menit sebelum pabrik PT Nippotech Sejahtera terbakar.  Kebakaran yang hampir bersamaan itu membuat petugas damkar Gresik kewalahan. Mereka harus membagi petugas di dua lokasi itu. “Kebakaran di pabrik pengeringan arang di Pongangan ini, bisa kami padamkan pukul 02.30 tadi pagi,”terang Eka.

Petugas Damkar Gresik kemudian dikonsentrasikan membantu tim lainnya melakukan pemadaman di Menganti. Selain, Damkar Gresik, kebakaran pabrik kayu dari Surabaya. Kebakaran dua pabrik itu menambah panjang daftar bencana kebakaran di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini.

Data Damkar Gresik, kurun waktu Januari sampai 4 Oktober 2021 tercatat 116 kejadian rescue dan 157 kejadian kebakaran. Total 273 kejadian rescue dan kebakaran. Eka Prapagasta menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan, membakar sampah dan periksa instalasi listrik secara berkala. (yad)