Dubes Mesir untuk Indonesia Kunjungi Ponpes Mamba’us Sholihin, Indonesia bagai Negara Keduanya

GRESIK,1minute.id – Duta Besar Mesir untuk Indonesia Ashraf Mohammaed Mughoib Sultan mengunjungi Ponpes Mamba’us Sholihin di Desa Suci, Kecamatan Manyar,  Gresik pada Kamis,18 November 2021. Dubes Ashraf disambut lantunan salawat Nabi oleh Santri dan para kiai. 

Dalam pertemuan di  Aula Daarun Nadwah Rushoifah yang diikuti oleh santri dan pengasuh Ponpes, Ashraf menceritakan hubungan kedua negara, Mesir dan Indonesia

Menurut Ashraf, negaranya memiliki kedekatan dan kesamaan dengan Indonesia. Utamanya dalam mengkampenyakan Islam yang tasamuh, moderat, serta cinta kepada negara. “Juga pentingnya hubbul wathon cinta dan bela Negara dalam kehidupan bersama. Maka, kedatangan ini tak lain adalah dalam rangka menjalin kerjasama dalam hal-hal tersebut,” katanya. 

Menurutnya, apa yang telah berlangsung antara Indonesia dan Mesir atau sepesifiknya Universitas Al-Azhar adalah sesuatu yang telah lama terjalin dan patut dibanggakan. Ditambahkan banyak sekali syaikh al-Azhar yang telah menganggap Indonesia sebagai Negara keduanya. “Kunjungan kami ke Jawa Timur ini adalah yang pertama kalinya, dan kami berharap semoga ini bukanlah yang terakhir,”harapnya. 

Sementara itu, perwakilan pengasuh Ponpes Mamba’us Sholohin Agus Moh Najib mengaku sangat terkesan dengan kedatangan Duta Besar Mesir untuk Indonesia. Pasalnya, lembaganya ini telah lama memiliki hubungan dengan Mesir melalui Universitas Al-Azhar. Di mana telah banyak alumni Pondok Pesantren Mambaus Sholihin yang melanjutkan studinya di Al-Azhar. 

“Dan kini telah banyak dari mereka yang telah memiliki peran penting di tengah masyarakat dengan menjadi pemimipin instansi, pondok pesantren ataupun lembaga-lembaga lainnya,” bebernya.  Lebih lanjut, Ponpes Mambaus Sholihin sangat berharap semoga kunjungan ini dapat menghasilkan berbagai kerjasama yang intens dan berkelanjutan. 

“Baik antara Indonesia dengan Mesir secara umum ataupun antara Al-Azhar dengan Mambaus Sholihin secara khusus,”katanya Sebelumnya, Duta Besar Mesir untuk Indonesia Ashraf Mohammaed Sultan lebih dulu mengunjungi Ponpes Langitan Tuban. Kunjungan Ashraf ke Jawa Timur.  Kunjungan Duta Besar Mesir ini mendapat pengamanan dari Polres Gresik. Dalam hal ini Polsek Manyar sebagai ujung tombak pelaksanaan pengamanan dari awal hingga akhir kegiatan.

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Kapolsek Manyar AKP Windu Priyo Prayitno di lokasi Ponpes Mamba’us Sholihin mengatakan Polisi hadir ditengah masyarakat.”Sudah menjadi tugas dan kewajiban kami untuk hadir ditengah masyarakat. Memberikan pelayanan demi terciptanya rasa aman dan nyaman,”kata Windu.

Mantan Kasat Sabhara Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya itu menambahkan bahwa kegiatan kunjungan Duta Besar Mesir di Ponpes Mamba’us Sholihin berjalan lancar dan kondusif. (yad)