Uji Kir Kendaraan Resmi Beroperasi, Bupati Ingatkan Pelayanan dan Teknologi Digital

GRESIK,1minute.id – Prasasti baru diteken oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani pada Senin, 24 Januari 2022. Prasasti baru, itu adalah gedung UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik. Gedung pelayanan untuk uji kir kendaraan bermotor itu berlokasi di Jalan Raya Banjarsari-Cerme, Desa Cerme Lor, Kecamatan Cerme.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani berharap beroperasi kantor pelayanan uji kir dibarengi dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa. Caranya, mengubah sistem pendaftaran dari konvensional menjadi digital. Pelayanan online bisa mempercepat proses pelayanan. 

“Jangan karena pelayanan lambat, banyak kendaraan pindah ke tempat lain. Gresik akan rugi karena hanya dapat kemacetan lalu lintas saja,”kata Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani. Selain Gus Yani , peresmian dihadiri Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir, Ketua PN Gresik Wiwin Arodawanti, Sekretaris Daerah (Sekda) Gresik Achmad Washil Miftachul Rachman. 

Kemudian, Kepala UPT P3LLAJ Dinas Perhubungan Jatim Imam Chairil, Perwakilan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Jatim 4 Galuh Putra, serta Perwakilan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XI Jatim Ahmad Badik.

Masih menurut Gus Yani ada dua hal yang perlu diperhatikan di UPT PKB Dishub Gresik itu. Dua hal itu, pertama adalah di sisi pelayanan dan yang kedua adalah bagaimana peningkatan PAD.  Disisi pelayanan, Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani mengharapkan adanya perubahan yang lebih baik dari uji KIR yang lama “Pelayanan lambat, sulit, dan ribet harus dicoret lewat kinerja yang baik,”ujarnya. 

Mengapa pelayanan? Sebab, menurutnya, lantaran di era sekarang kualitas pelayanan adalah hal yang utama. Dengan adanya pelayanan yang berkualitas tersebut, masyarakat akan merasa nyaman dalam memanfaatkan layanan uji KIR kendaraannya sehingga potensi PAD yang diperoleh bisa dimaksimalkan. 

Untuk diketahui gedung baru, tempat pelayanan uji kir berdiri diatas lahan luas 20.369 meter persegi (m²) itu adalah aset Pemkab Gresik. Selama hampir 5 dasawarsa, tempat uji kir kendaraan menempati gedung sewa pakai milik Pemprov Jatim di Jalan DR Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas, Gresik. 

CEK FISIK : Petugas di UPT PKB Dishub Gresik melakukan pengecekan fisik mobil pikap pada Senin, 24 Januari 2022 (FOTO : Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Plt Kepala Dinas Perhubungan Gresik Eddy Hadisiswoyo mengatakan, pembangunan gedung UPT PKB ini merupakan angan-angan sejak puluhan tahun yang lalu. Pembangunan bisa terealisasi dengan pembiayaan dari APBD Gresik dan bantuan hibah  Pemprov Jawa Timur berupa sarana alat pengujian.

“Dengan adanya Gedung UPT Pengujian Kendaraan Bermotor ini pelayanan terhadap masyarakat terkait uji KIR kendaraan dan juga sebagai sarana dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD),”terang Plt Dinas Perhubungan Gresik Edy Hadisiswoyo dalam sambutannya. 

Sementara itu, Kepala UPT PKB Dishub Gresik Sriono mengungkapkan, beroperasi tempat uji kir ini bisa menambah pundi-pundi pendapatan asli daerah (PAD) Gresik. Pada 2021, PAD yang disetorkan lebih dari Rp 2,5 miliar. “Tahun ini target kami naik menjadi Rp 3 miliar,”kata Sriono. (yad)