Bila Lancar Perbaikan Jembatan Kacangan Benjeng Dimulai Akhir April 2022

NEKAT : Pengendara motor melintas diatas jembatan Kacangan di Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik pada Senin, 28 Februari 2022 (Foto: Chusnul Cahyadi/1minute.id)

GRESIK,1minute.id –  Apa kabar jembatan Kacangan. Jembatan patah pada Minggu, 19 Desember 2021. Jembatan yang patah itu menghubungkan Desa Bulurejo dan Desa Gluranploso, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. 

Sejumlah rambu-rambu larangan melintas di pasang di dua sisi. Di Dusun Kacangan, Desa Bulurejo dipasang gedhek (anyaman bambu) separuh lebar jembatan. Namun, karena jembatan tersebut vital bagi masyarakat sehingga mereka nekat menerobos menyeberangi jembatan patah itu. Pada Senin, 28 Februari 2022, selama 30 menit wartawan 1minute.id berada di lokasi jembatan patah itu. Kurang lebih 50-an sepeda motor lalu lalang di atas jembatan tersebut. 

NAIK DAN TURUN : Kondisi Jembatan Kacangan menghubungkan Desa Bulurejo dan Gluranploso, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik pada 28 Februari 2022 (Foto : Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Menyeberangi jembatan itu harus ekstra hati-hati karena naik dan turun. Kemiringan badan jembatan itu sekitar 30-45 derajat. “Terpaksa karena jalan alternatif jauh dan rusak,”kata Syukur, salah satu pengendara pada Senin, 28 Februari 2022. Sambil membawa ronjot sayur lelaki 49 tahun itu terlihat tanpa waswas menyeberangi jembatan diatas aliran Kali Lamong itu. Pengendara motor bisa melintas diatas jembatan karena lubang menganga di tambal batang kayu. Sehingga dengan mudah pengendara motor bisa melintas diatas jembatan patah itu. Apalagi, tidak ada petugas yang menjaga di sekitar itu.

Hasil investasi dan kajian tim ahli Pemkab Gresik, diduga penyebab jembatan Kacangan itu patah karena tebing longsor menghantam pondasi jembatan sehingga meruntuhkan pilar jembatan. Tidak ada kesalahan desain dan murni karena faktor alam.

PATAH : Kondisi bagian tengah jembatan Kacangan melintas diatas aliran Kali Lamong yang patah pada Senin, 28 Februari 2022 (Foto : Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Sekretaris Daerah (Sekda) Gresik Achmad Washil Miftachul Rachman mengatakan Pemkab Gresik menganggarkan Rp 15 miliar untuk perbaikan jembatan Kacangan itu. Saat ini, kata Washil, sudah masuk Badan Layanan Pengadaan (BLP) untuk proses verifikasi dokumen.  “Kalau lancar akhir April ini mulai pekerjaan,”kata mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp pada Senin, 28 Februari 2022. (yad)