KH Muchtar Djamil, Mustasyar PCNU Gresik Wafat

WAFAT : KH Muchtar Djamil (kanan) bersama santrinya, Muhammad Tajuddin memegang keris peninggalan Sunan Giri pada Selasa, 8 Maret 2022 (Foto: Chusnul Cahyadi/1minute.id)

GRESIK,1minute.id – Mendung menyelimuti langit di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik pada Senin, 14 Maret 2022. K.H Muchtar Djamil wafat di usia 86 tahun. Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Gresik meninggal di rumah sakit Semen Gresik sekitar pukul 13.50. 

Kabar meninggalnya tokoh agama yang juga budayawan sejarah Islam di Kabupaten Gresik langsung menyebar begitu cepat. Kabar meninggal ulama yang juga ketua Pusat Informasi Sejarah Islam dan Pusat Dakwah (Puisi Pudak) Gresik dibenarkan Muhammad Tajuddin, salah satu santrinya. “Inggih kiai wafat,”kata Tajuddin dikonfirmasi selulernya pada Senin, 14 Maret 2022.

Pada Selasa, 8 Maret 2022, Kiai Tar-begitu biasa disapa, masih terlihat bugar. Kiai Tar masih ikut berziarah ke makam Waliyullah dalam peringatan HUT ke-48 Kabupaten Gresik dan Hari Jadi ke-535 Kota Gresik.  Kiai Tar didampingi Tajuddin berziarah ke makam Sunan Giri, Sunan Prapen dan Maulana Malik Ibrahim. 

Di makam Sunan Giri, Kiai Tar sempat memegang keris dan mencium sajadah peninggalan Sunan Giri. “Sajadah ini meski tidak diberi pengharum. Tapi, baunya sangat harum,”kata pengurus Yayasan Makam Sunan Giri waktu itu pada Selasa, 8 Maret 2022.

Kiai Tar, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Sekretaris Daerah (Sekda) Gresik Achmad Washil Miftachul Rachman dan Asisten Abu Hassan mencium sajadah Sunan Giri itu. Saat itu, Kiai Tar terlihat bugar. Namun, tuhan berkehendak lain. Kiai Tar wafat meninggalkan seorang istri bernama Sri Astutik, dan anak semata wayang dr. Fakhruddin Fakhri. (yad)