Kapolda Jatim : Vaksinasi Covid-19 Lebih Mudah, Bisa Daftar melalui Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Bidan Desa 

GRESIK,1minute.id – Ratusan warga menyerbu vaksinasi massal di halaman markas Polisi Air  (Polair) Polres Gresik pada Kamis, 17 Maret 2022. Vaksinasi untuk masyarakat pesisir di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini dihadiri Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta.

Jenderal Polisi Bintang Dua itu, datang ke lokasi vaksinasi Booster Presisi Kapolri di Polair Polres ini dengan naik kapal milik Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Jatim. Sekitar pukul 09.35 Kapolda Nico Afinta tiba di Markas Polair Polres Gresik Kapolda Nico Afinta disambut Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis, Kasat Polair Polres Gresik AKP Poerlaksono, Asisten Setkab Gresik Abu Hassan, Camat Gresik Agung Endro Dwi Setyo Utomo.

Dalam perjalanan dari Surabaya ke Gresik, kapal yang ditumpangi Jenderal Nico  Afinta sempat berhenti ke sejumlah kapal yang sedang lego jangkar di perairan. Di kapal yang lego jangkar itu, Kapolda Nico Afinta menyaksikan proses vaksinasi untuk para awak atau anak buah kapal (ABK). Vaksinasi diatas kapal ini membuat para ABK semringah. Sebab, keinginan mereka bisa mendapatkan suntik vaksinasi lanjutan bisa terwujud meski berada di laut. 

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta mengatakan  vaksinasi untuk masyarakat pesisir dilakukan sebagai ikhtiar untuk pembentukan herd immunity.  Sebanyak 2 ribu dosis disiapkan dalam vaksinasi ini. Vaksinasi kerjasama dengan TNI serta tenaga kesehatan. 
Vaksinasi yang disuntikkan adalah jenis vaksin, AstraZeneca. Vaksinasi kepada masyarakat untuk dosis dua dan tiga (Booster).

“Pelaksanaan vaksinasi ini secara gabungan, TNI, Polri dan Dinas Kesehatan,”katanya.  Ia berharap vaksinasi massal bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di pesisir Gresik ini. “Vaksin kedua dan ketiga serta lansia,”katanya.

Kapolda Nico Afinta meminta kepada masyarakat yang berkeinginan untuk vaksinasi Covid-19 bisa mendaftar melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan Bidan desa. “Yang pingin di vaksin silakan mendaftar ke Babinsa , Bhabinkamtibmas atau bidan desa. Nanti, akan sediakan tempat dan waktu untuk vaksinasi,”ujarnya. (yad)