Program Revitalisasi KotaKu di Kawasan Integrasi Desa Randuboto Terwujud Tahun Ini ?

GRESIK1minute.id – Kawasan integrasi di bantaran atau Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo di Desa Randuboto, Kecamatan Sidayu, Gresik sebagai kawasan Minapolitan segera teralisasi. Sinyal positif itu muncul dari kunjungan Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Riono Suprapto ke Gresik pada Senin, 21 Maret 2022.

Riono Suprapto berkunjung ke Kota Santri untuk melakukan survei lokasi pilot project Dana Alokasi Khusus (DAK) Integrasi dengan Pemkab Gresik di Desa Randuboto, Kecamatan Sidayu itu. Sebelum melakukan survei rombongan dari Kementerian PUPR itu diterima oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Sekretaris Daerah (Sekda) Gresik Achmad Washil Miftachul Rachman dan Kepala Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (CK PKP) Gresik Ida Lailatussa’diyah. 

Mereka melakukan pertemuan di ruang Putri Cempo kantor Bupati Gresik di Jalan DR Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas, Gresik. Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah mengatakan, revitalisasi yang dibantu Kementerian PUPRi akan menjadi nilai lebih bagi kawasan tersebut. Sehingga kawasan yang awalnya kumuh bisa berubah menjadi lebih baik, enak dipandang dan lebih sehat untuk masyarakat.

“Bantuan ini, akan menambah perbaikan-perbaikan yang ada di Gresik sehingga masyarakat semakin nyaman dan juga bisa berproduksi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Gresik,”kata Bu Min-sapaan akrab-Aminatun Habibah pada 21 Maret 2022. Sekda Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman menjlentrehkan terkait rencana revitalisasi di DAS Bengawan Solo di Desa Randuboto, Kecamatan Sidayu, Gresik itu. Luas kawasan integrasi yang ditangani seluas 3,77 hektar yang terletak di tepi Sungai Bengawan Solo. 

“Dengan konsep penanganan peremajaan, maka lewat DAK Integrasi ini bisa mengubah wilayah yang sebelumnya kumuh menjadi lebih baik dan sehat bagi warga,”kata Washil. Kondisi kawasan ini adalah bangunan hunian yang tidak layak, kondisi jalam lingkungan yang rusak, ketidaktersediaan drainase, pengelolaan sampah yang belum memenuhi standar teknis, belum tercukupinya kebutuhan air minum, dan tidak tersedianya sarpras proteksi kebakaran.

“Diharapkan pada tahun ini semua permasalahan tersebut biasa selesai diatasi secara sempurna,”ujar mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) dan Kepala Dinas PKP Gresik itu.

Sementar itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Riono Suprapto, bahwa DAK Integrasi konsep utamanya mengenai penanganan kawasan kumuh. “Tetapi diharapkan ada dampak lainnya seperti pengembangan pariwisata, kepemilikan rumah warga yang layak, dan termasuk juga pengembangan usaha masyarakat,”kata Riono. “Kami berharap lewat program ini bisa menurunkan secara signifikan kawasan-kawasan kumuh,”imbuh Riono.

Seperti apa kawasan integrasi  Minapolitan  Randuboto itu? Menurut Kepala Dinas CK PKP Gresik Ida Lailatussa’adiyah, sejumlah bangunan di bantaran Sungai Bengawan Solo di Pantai Utara Gresik itu dilakukan pemugaran. Bangunan yang saat ini banyak membelakangi DAS Bengawan Solo itu akan diubah menghadap aliran sungai terpanjang di Pulau Jawa. (yad)