Rumput Laut Bawean DI Ekspor ke Tiongkok Untuk Bahan Pupuk Organik Tanaman Buah

GRESIK,1minute.id – Rumput laut Gresik merambah pasar ekspor. Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani melepas ekspor perdana rumput laut kering ke Tiongkok pada Selasa, 29 Maret 2022.

Ekspor rumput laut kering sebanyak 1 kontainer ukuran 20 feet atau 23,34 ton setara Rp 75,15 juta itu hasil olahan UMKM, CV Sawindo Subur Abadi. Pelepasan ekspor dilakukan di halaman Kantor Bupati Gresik di Jalan DR Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas, Gresik. 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, ekspor rumput laut kering ini perdana. “Kami terus mendorong UMKM Gresik untuk berani melakukan ekspor,”kata Fandi Akhmad Yani dalam sambutannya. Keberhasilan ekspor ini, karena sinergi diantaranya Pemkab Gresik dengan Kantor Bea Cukai Gresik.  “Ini ekspor ke-21 UMKM Gresik ke mancanegara negara,”imbuh alumnus Sarjana Ekonomi Unair Surabaya itu.

Istimewanya, ekspor rumput laut kering ini disaksikan oleh rombongan Komisi II DPR RI. Wakil rakyat yang membidangi perekonomian itu sedang melakukan kunjungan kerja ke Pemkab Gresik. “Kita ajak bersama komisi II DPR RI ini agar ikut mendoakan UMKM Gresik semakin berani ekspor,”kata Gus Yani-sapaan-Fandi Akhmad Yani. 

Sebelumnya, Kepala Bea Cukai Gresik Bier Budy Kismulyanto mengatakan, selama ini produk UMKM Gresik sudah banyak yang di ekspor. UMKM hanya sebagai suplayer. Akan tetapi, ekspor komoditas itu dilakukan oleh pihak ketiga, trader. Keuntungan hanya dinikmati oleh pihak ketiga. “UMKM hanya beraktivitas biasa,”katanya. Pemkab Gresik dan Bea Cukai Gresik kemudian melakukan pendampingan dan mendorong UMKM untuk berani ekspor. 

“Dan, ekspor rumput laut ini, adalah ekspor ke-21 UMKM Gresik,”ujarnya. Selain mengekspor rumput laut ke Tiongkok.  Bea Cukai juga berkoordinasi dengan Atase KBRI di Negeri Sakura, Jepang untuk tujuan ekspor rumput laut kering ini. “Pihak atase KBRI Jepang minta contoh barang. Contoh rumput laut kering sudah kami kirimkan ke Jepang,”tegasnya. 

Untuk diketahui  Indonesia kaya akan rumput laut. Diantaranya, di Pulau Bawean. Nah, rumput laut kering yang di ekspor ke Tiongkok ini diantaranya berasal dari  Pulau Bawean, Kabupaten Gresik.  Rumput laut kering ini rencananya akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk organik. Tanaman buah yang menggunakan pupuk organik berbahan rumput laut ini memiliki kualitas tinggi dan cepat berbuah. (yad)