Bupati Gresik : Hikmah Ramadan Gelaran Pasar Tani Laris, Habis

GRESIK,1minute.id – Pasar Tani Ramadan di gelar Dinas Pertanian Gresik. Pasar dadakan alias bazar di halaman Kantor Dinas Pertanian ini di buka oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani pada Jumat, 8 April 2022. 

Produk apa saja yang dijual digelaran kali pertama kurun waktu dua tahun terakhir ini? Ada beras, telor, minyak goreng kemasan serta hasil pertanian dan produk olahannya. Ada juga stan bunga. Pasar Tani ini dibuka pukul 07.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Mulai 8 April hingga 28 April 2022. 

Pasar Tani ini bisa menjadi tempat alternatif masyarakat untuk  berbelanja kebutuhan selama bulan suci Ramadan.  Bupati Gresik Fandi Akhmad mengatakan, Pasar Tani digelar Dinas Pertanian bersama UMKM ini sebuah langkah cerdas. Karena bisa menggerakkan usaha UMKM. Ekonomi bergerak. “Langsung laku. Habis,”kata Fandi Akhmad Yani usai keliling melihat stan di Pasar Tani Dinas Pertanian Gresik.

Menurut Bupati Fandi Akhmad Yani, bulan suci Ramadan ini belanja kebutuhan masyarakat meningkat. “Kita tahu biasanya di bulan suci Ramadan itu hikmahnya jual apa pun sangat laku. Mudah-mudahan,”ujarnya. Selain dihadiri Bupati Fandi Akhmad Yani, gelaran tahunan ini juga dihadiri Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Sekretaris Daerah (Sekda) Gresik Achmad Washil Miftachul Rachman, Ketua TP PKK Gresik Nurul Haromaini Ali serta Kepala Dinas Pertanian Gresik Eko Anindito Putra.  

Dalam kesempatan itu, Bupati dan Wakil Bupati memborong sejumlah hasil pertanian dan olahan. Kepala Dinas Pertanian Gresik Eko Anindito Putra mengatakan, Pasar Tani kerjasama dengan komunitas UMKM. “Ada 30-50an UMKM berpartisipasi. Karena setiap tenda bisa lebih dari dua UMKM,”kata Eko. 

Pasar Tani ini sempat vakum 2 tahun karena wabah Coronavirus disease 2019. Saat itu, omzet yang bisa diraup mencapai Rp 50 juta  perhari. “Semoga omzet tahun ini bisa mendekati sama,”ujarnya. Eko optimis Pasar Tani ini bisa menarik pembeli karena harga dibawah pasaran.

“Karena kami langsung ambil di distributor. Sehingga, memangkas distribusi,”tegasnya. Dalam pantauan 1minute.id, harga beras merek Beras Segar Rp 45 ribu/5 kilogram,  beras kemasan Rp 28 ribu/3 kilogram. Minyak goreng merek Sania Rp 24.500/liter serta harga telor ayam Rp 22.500/kg. (yad)