Polres Gresik Jemput Bola Vaksin Booster untuk Pekerja JIIPE 

GRESIK,1minute.id – Sebanyak 250 karyawan Java Integrated Industrial Ports and Estate (JIIPE) menjalani vaksin booster pada Selasa, 12 April 2022. Vaksinasi massal para pekerja itu dipusatkan kawasan ekonomi khusus (KEK) digawangi oleh Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Gresik dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik. 

Vaksinasi dosis ketiga disambut antusias oleh para pekerja. Antara lain,  Lusi Nita Prastiwi. Perempuan 31 tahun asal Blitar,  JawaTimur itu menyambut antusias. Sebab, Lusi pada lebaran Idul Fitri tahun ini berencana mudik ke kampung halaman bersama suaminya. Vaksin booster menjadi syarat untuk bagi para pemudik.

“Puasa kayak gini senang banget bisa vaksin tanpa harus antre diluar. Bahagia banget pak, bisa mudik nanti lebaran. Kan sudah divaksin booster,”ungkapnya sumringah. Lusi mengaku meskipun dirinya sedang menjalani ibadah Puasa Ramadan, divaksin booster tidak membatalkan Puasa.

Sementara itu, Humas Comunnity Development (Comdev) JIIPE Mifti Haris mengatakan pada saat ini melakukan vaksin booster yang kedua. Vaksinasi booster kali pertama digelar sebelum Puasa Ramadan. “Rupanya masih banyak karyawan JIIPE yang belum mendapat dosis vaksin. Sehingga kita kembali bekerja sama dengan Polres Gresik untuk melakukan vaksin booster yang kedua di kawasan JIIPE. Vaksinasi diberikan kepada karyawan, pekerja dan keluarganya,”terang Mifti pada Selasa, 12 April 2022.

Pihaknya berharap dengan adanya vaksinasi ini membantu peningkatan kesehatan mencegah penyebaran Covid-19. “Kalau sebelumnya target vaksin booster sebanyak 500 orang, sekarang 250 orang. Vaksin yang diberikan jenis Astra Zeneca dan Pfizer. Semoga pandemi Covid-19 ini segera hilang dan berganti endemi,”katanya.

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Kapolsek Manyar AKP Windu Priyo Prayitno mengungkapkan vaksinasi booster ini akan terus bergulir. “Polres Gresik dan jajaran bekerjasama dengan instansi terkait akan terus memberikan vaksin Covid-19 dosis pertama, kedua dan ketiga kepada masyarakat. Kedepan Forkopimcam Manyar akan menggelar gerai vaksin booster Ramadan usai salat Tarawih di desa-desa,”papar Windu.

Mantan Kasat Sabhara Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya itu menyebut meskipun dilakukan pada bulan Puasa Ramadhan, antusias masyarakat terbilang tinggi mengikuti vaksin booster. “Kami imbau masyarakat untuk segera melengkapi dosis vaksin Covid-19. Bagi yang belum, bisa mendatangi Puskesmas setempat atau menghubungi bidan desa,”imbaunya. (yad)