4 Perukyat LFNU PCNU Gresik Berhasil Melihat Hilal, Idul Fitri Senin Besok

Tim LFNU PCNU Gresik melakukan rukyaktul hilal penentuan awal 1 Syawal 1443 H di Bukit Condrodipo GRESIK (Foto : Chusnul Cahyadi/1minuteid)

GRESIK,1minute.id – Sebanyak empat orang tim rukyaktul hilal Pengurus Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Gresik berhasil melihat rukyat pada Minggu, 1 Mei 2022. Tim rukyaktul hilal LFNU Gresik melakukan pengamatan dari Balai Rukyat Bukit Condrodipo di Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. 

Empat orang perukyat itu adalah M  Inwanuddin yang melihat hilal pada pukul 17.25 WIB ;  Syamsul Fuad pada pukul 17.25 WIB ; dan  Sholahuddin pada pukul 17.25 WIB. Serta, Abidusy Syakur pada pukul 17.28 WIB. Terlihatnya Hilal, yang bakal menjadi awal penetapan 1 Syawal 1443 Hijriah langsung disambut takbir panitia maupun warga yang ikut menyaksikan Rukyatul hilal di Bukit Condrodipo yang berada di ketinggian 120 mdpl itu.

Sekretaris LFNU PCNU Gresik Angga Purwacara mengatakan Hilal berhasil dilihat oleh empat perukyat ahli. Tiga perukyat ahli itu, melihat Hilal pukul 17.25 WIB dan seorang perukyat pukul 17.28 WIB. “Tim sudah melakukan pemantauan sejak pukul 17.13 WIB. Hilal mulai terlihat 17.25 sampai 17.33,”kata Angga didampingi Muhyiddin el Hasan. Dia menjelaskan, saat penglihatan Hilal ini sangat didukung faktor cuaca yang sangat cerah. “Faktor yang paling utama cuaca, sekitar 8 menit para perukyat melihat Hilal. Dengan ketinggian Hilal 4 derajat,”ujarnya. 

Selanjutnya, tambah Angga pihaknya akan melaporkan hasil rukyat ke Kementrian Agama Gresik. Untuk dilakukan sidang isbat. “Kemudian dilaporkan ke Kementrian Agama Pusat, hingga penentuannya,” tandasnya. Hakim tunggal Pengadilan Agama (PA) Gresik Kemudian menetapkan kesaksian empat perukyat berhasil melihat Hilal. (yad)