Gresik Memiliki Minapolitan, Bupati Gresik, BPN Serahkan Bantuan Bedah RTLH dan Sertifikat PTSL

GRESIK,1minute.id – “Selamat Datang di Desa Minapolitan. Randuboto Menatap Masa Depan”. Spanduk itu dipasang gerbang masuk Desa Randuboto, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik pada Senin, 27 Juni 2022. Ya ! Kini, Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik bakal memiliki Kawasan Minapolitan. 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, program Kawasan Minapolitan di Kabupaten Gresik telah masuk dalam rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Gresik. Kawasan Minapolitan akan berlokasi di Kecamatan Bungah, Sidayu, dan Ujungpangkah. Termasuk Desa Randuboto ini masuk dalam rencana program Gresik Minapolitan. 

“Ini semua bertujuan untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19,”ujar Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat menghadiri Doa bersama Program DAK Integrasi Minapolitan sekaligus penyerahan Sertifikat (SHM) PTSL di kawasan program DAK Integrasi Kementrian PUTR di TPI Desa Randuboto pada Senin, 27 Juni 2022. Sebanyak 127 sertifikat yang diserahkan kepada masyarakat Desa Randuboto secara simbolis. 

“Pembangunan di desa tidak lepas dengan panduan Sustainable Development Goals (SDGs) dengan bentuk kolaborasi yang luar biasa dari multisektor, multiaktor, dan multiprogram yang dilakukan secara komprehensif. Kerjasama yang belum tentu dilakukan Kabupaten/Kota yang lain,”imbuh Bupati berusia 36 tahun itu.

Bupati Fandi Akhmad Yani tidak lupa memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang berkontribusi dalam pelaksanaan minapolitan ini. Mudah-mudahan kolaborasi yang biasanya dilakukan oleh swasta. “Hari ini kita tunjukkan bahwa pemerintah bisa melakukan revitalisasi kawasan kumuh menjadi kawasan yang mempunyai peluang ekonomi,”kata mantan Ketua DPRD Gresik itu.

Lebih lanjut, Bupati Fandi Akhmad Yani mantan mengungkapkan, sebagai pendukung kawasan Minapolitan nanti akan dibangun stasiun pengisian bahan bakar nelayan (SPBN) untuk nelayan dengan harga bersubsidi. “Saya berharap program DAK Integrasi Kementrian PUTR untuk penataan kawasan pemukiman dan kawasan minapolitan rampung dan tepat waktu pembangunannya sesuai harapan masyarakat,”harapnya.

 

MINAPOLITAN: Konsep bangunan di kawasan Minapolitan di Desa Randuboto, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik ( Foto : Skrenshot DCK-KP Gresik)

Sementara itu, perwakilan BPN Gresik Dading Wirya Kusuma menambahkan dari total 127 Sertifikat ada 65 bidang bagian dari DAK 2022 dan selebihnya 59 diluar DAK. “Untuk DAK 2023 dialokasikan 330 sertifikat untuk masyarakat desa Randuboto,”kata Dading Wirya Kusuma. Sebagian sertifikat yang diserahkan kepada masyarakat yang sudah puluhan tahun tidak mempunyai bukti sama sekali. “Ini sebagai wujud bahwa pemerintah hadir memberikan perlindungan dan jaminan atas aset dalam rangka perbaikan dan peningkatan ekonomi masyarakat,” tegasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Cipta Karya dan Kawasan Permukiman (CK-KP) Gresik Ida Lailatussa’diyah mengatakan, DAK Integrasi berasal dari APBN, APBD, ABDes dan CSR 2022. Ida menyebutkan, pihaknya mendapatkan jalan dan saluran melalui kontraktual sedangkan untuk bedah rumah tidak layak huni (RTLH) ada 85 dari APBN ada 4 dari APBD dan sisanya dari APBDes sudah ada komitmen kesepakatan.

Sedangkan, sanitasi IPAL (Instalasi pengolahan limbah) komunal yang semula masyarakat mempunyai septik tank sendiri-sendiri nanti dipasang jaringan pipa seperti PDAM dibawa ke komunal itu secara swa kelola. Harapanya kerjasama ini akan muncul tidak hanya pemerintah saja tapi keterlibatan masyarakat adanya CSR secara bersama-sama supaya segera terwujud.

Sementara itu, Kepala Desa Randuboto Andi Sulandra dalam laporannya menyampaikan ada 85 unit bedah rumah, jalan, sanitasi dan saluran air bersih. selain itu dua pedukuhan diantaranya ujungsari dan tajungsari sudah mendapatkan sertifikat SHM melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Dengan penataan kawasan pemukiman melalui DAK Integrasi Kementrian PUTR ini tidak lepas atas perjuangan Bapak Bupati Gresik yang siap mengawal dan mendukung program tersebut,”tandasnya. Salah seorang penerima Bantuan Perbaikan RTLH, Amali Hamzah menyampaikan terimakasih kepada Bupati Gresik yang memberikan perhatian pada masyarakatnya, sehingga kami berkesempatan meningkatkan taraf hidup dengan bantuan perbaikan RTLH 2022,”capnya. (yad)