Dua Guru Sekolah Penggerak, TKIT Al Ibrah Gresik Masuk 10 Besar Askrindo PAUD Institute Award 2022

GRESIK,1minute.id – Dua guru TKIT Al Ibrah Gresik masuk 10 besar Askrindo PAUD Institute Award 2022. Dua guru prestasi itu adalah  Ustadzah Rifatul Aliyah untuk kategori Pengelola PAUD Visioner dan Ustadzah Tatik Respati Sigit kategori mendongeng. 

Empat kategori lainnya Mencipta Lagu, Guru Heroik, Guru Inovatif, dan Bunda PAUD Kreatif, TKIT, sekolah penggerak berlokasi di Jalan Arif Rahman Hakim, Gresik tidak mengirimkan peserta. Awarding nasional untuk guru PAUD dihelat oleh Asosiasi Kredit Indonesia dipusatkan di Jogjakarta pada 23 Juli 2022.

“Alhamdulillah, kerja keras kami berbuah manis meski waktunya tergolong cukup mepet. Kami masuk dalam 10 besar nasional dalam dua kategori yang kami ikuti,”ujar Rifatul Aliyah yang diamini Tatik Respati Sigit  di kantor TKIT Al Ibrah pada Rabu,  27 Juli 2022. 

Rafatul Aliyah menuturkan, proses seleksi proposal dan materi lomba –dalam bentuk video– dikirim pada akhir Maret 2022. Setelah melalui beberapa tahapan seleksi, akhirnya panitia mengambil 10 besar yang diumumkan pada 23 Juli 2022 di Jogyakarta. Dengan waktu yang relatif singkat, sambung alumni Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) ini, bersama tim kretaif Al Ibrah, pihaknya mampu memenuhi deadline yang ditetapkan panitia penyelenggara.

“Sempat ketir-ketir juga sih, karena waktu pengiriman terakhir internet sangat lemot dan sering gagal kirim. Mungkin saat itu peserta ngirimnya bersamaan sehingga jadi lemot dan trouble,”ujarnya.

Sementara si “Ratu Dongeng” Tatik Respati yang juga Kaur Humas TKIT Al Ibrah ini mengaku, waktu yang relatif singkat dalam persiapan lomba sempat membuatnya stres. Apalagi, sambung alumni Universitas Jember ini, pesertanya cukup banyak. Sekitar 2 ribu guru yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

“Dan, yang membuat saya sempat grogi, di antara para peserta yang ikut lomba itu, ternyata ada beberapa senior saya di komunitas mendongeng. Bener, saya sempat grogi banget sebelum akhirnya saya mampu percaya diri,”ungkap pegiat di Persaudaraan Pengisah Muslim Indonesia (PPMI) Gresik ini.

Direktur Utama Askrindo Priyastomo dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan Askrindo PAUD Institute Award 2022 bertujuan memberikan rekognisi serta apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan (GTK) PAUD se-Indonesia.

“Kami ingin menekankan, bahwa Askrindo berkomitmen mendukung serta memperhatikan para guru PAUD yang telah menjalankan perannya secara optimal dalam mendorong peningkatan layanan PAUD berkualitas secara holistik dan integratif,” ujarnya seraya menambahkan, tema mendongeng yang diangkat adalah pentingnya kolaborasi atau kerja sama dengan tokoh ikan badut dan kakek Amon dengan setting kehidupan biota di perairan laut. (yad)