GNI Gresik Dulu dan Kini. Begini Penampakannya!

GRESIK,1minute.id – Gedung Nasional Indonesia (GNI) bakal berusia 62 tahun pada 17 Agustus nanti. Berdasarkan prasasti yang menempel di tembok diatas pintu utama, peletakan batu pertama gedung di Jalan Pahlawan, Gresik itu dilakukan pada 17 Agustus 1960. Peletakan batu pertama dilakukan oleh R.Soekarso, Bupati Kepala Daerah TK II Kota Surabaya. 

Bagaimana kondisi gedung berlokasi di Jalan Pahlawan, Gresik itu? Gedung Nasional Indonesia ini sempat mangkrak bertahun-tahun. Gedung tempat pertemuan itu memprihatinkan. Tidak teramat. Sejak 2021, Pemkab Gresik melakukan revitalisasi GNI. Revitalisasi tahap pertama menggunakan sebesar Rp 1.637.448.264,69. 

Revitalisasi tahap dua berdasarkan merujuk pada plakat halaman GNI ini dimenangkan oleh CV Jamus Mashurin Konstruksi dengan nilai kontrak Rp 3,09 miliar. Pekerjaan penataan lanskap bangunan dan finishing selama 150 hari (25 Juli s/d 21 Desember 2022).

Begini kondisi GNI Gresik yang menurut budayawan dan sejarawan adalah heritage atau cagar budaya. Simak hanya di 1minute.id . Geser fotonya! (yad)

REVITALISASI
Penampakan GNI Gresik di Jalan Pahlawan, Gresik setelah revitalisasi tahap pertama. Cat gedung terlihat kinclong pada Kamis, 4 Agustus 2022 ( Foto: Chusnul Cahyadi/1minute.id)
« dari 6 »