Forum Damkar Terbentuk di Gresik, Pertama di Indonesia 

GRESIK,1minute.id – Forum Pemadam Kebakaran (Damkar) Gresik terbentuk pada Rabu, 20 September 2022. Forum Damkar kali pertama di Indonesia ini beranggotakan 23 perusahaan yang memiliki mobil damkar. Pembentukan forum ini dihadiri oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.

Peserta sepakat memilih PT Petrokimia Gresik sebagai ketua forum dengan koordinator dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik itu. Terbentuk forum ini, sebuah angin segar bagi masyarakat, pemilik perusahaan, pemerintah maupun calon investor yang akan menanamkan modalnya di Kota Industri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini.

Sebab, hadirnya forum damkar ini penanganan kebakaran lebih cepat dan efisien. Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) ukuran ideal dilihat dari respon time yakni 15 menit petugas sudah harus sampai ke lokasi kebakaran usai menerima laporan.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, Gresik memiliki potensi besar iklim investasi. Tapi seiring perkembangan itu, risiko keadaan darurat seperti kebakaran juga tinggi. Forum ini sangat penting dengan seiringnya kemajuan investasi di Gresik. “Dari sini, setiap perusahaan bisa saling kolaborasi ketika ada kejadian penanganan kebakaran,”kata Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani pada Selasa, 20 September 2022.

Bupati Fandi Akhmad Yani didampingi Asisten Suyono, Kepala Dinas Damkarmat Gresik Agustin Halomoan Sinaga. Damkarla Gresik memiliki 12 unit mobil damkar. Rincianya, 8 mobil damkar dan 4 mobil suplai air. Damkarmat memiliki posko utama di Jalan DR Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas dan dua posko lainnya di Kecamatan Driyorejo dan Dukun. Dengan luas wilayah 1.191,25 km² yang terbagi dalam 18 kecamatan, 330 desa, dan 26 kelurahan.

Selama ini ketika ada kebakaran di wilayah di luar perkotaan respon time melebihi standar Permendagri yakni 15 menit. “Selama ini memang cukup sulit karena armada terbatas,”kata Kepala Dinas Damkarmat Gresik Agustin Halomoan Sinaga. 

Ia melanjutkan, terbentuknya forum damkar ini menjadikan kekuatan damkar mencapai 40 unit mobil. “Ketika terjadi kebakaran bisa saling membantu,”katanya. 

Seperti diberitakan, kondisi geografis di Kabupaten Gresik ideal setiap kecamatan atau minimal ada 10 titik posko. Termasuk, posko damkar di Pulau Bawean. (yad)