Wabup Tepati Janji Menemui 4 Kafilah asal Gresik di MTQ Nasional Kalsel 

GRESIK,1minute.id – Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah menepati janji memberikan support langsung kepada kafilah di ajang MTQ ke-XXIX di Kalimantan Selatan. Empat kafilah asal Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik yang menjadi duta Jawa Timur itu semringah. Semangat mereka bangkit. 

Empat kafilah itu adalah Ayu Izzun Nufah, 18,  Andiny Mahardika, 18, dan Sabrina Zarah Azura, 17. Ketiganya asal Kecamatan Bungah ini akan mengikuti cabang Musabaqoh Syahril Qur’an (MSQ). Kemudian, Nuriyah Islamiyah, 17, asal Kecamatan Driyorejo yang mengikuti cabang tilawah cacat netra. 

MTQ Nasional itu dibuka oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada Rabu malam, 12 Oktober 2022. Wabup perempuan pertama di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik turut hadir bersama tokoh-tokoh nasional, baik gubernur, bupati/walikota, serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Wapres Ma’ruf Amin mengapresiasi tema penyelenggaraan MTQ Nasional 2022, yakni “Dengan MTQ Nasional Kita Tingkatkan Kualitas SDM yang Unggul dan Qurani untuk Mewujudkan Masyarakat yang Religius dan Moderat”. Wapres menilai, tema tersebut sesuai dengan kondisi Indonesia yang majemuk dan kondisi kekinian saat ini.

“Al-Quran harus mampu menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi, dan keharmonisan, sekaligus menjadi solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa,”ujar Wapres Ma’ruf Amin. 

MTQ Nasional 2022 diikuti 1.676 peserta yang berasal dari 34 provinsi. MTQ berlangsung hingga 19 Oktober 2022 digelar di tiga kabupaten/kota yakni Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, dan Kota Banjarmasin.

MTQ di Kalsel merupakan suatu sejarah tersendiri, mengingat terakhir kali Kalsel menjadi tuan rumah MTQ pada tahun 1970 atau 52 tahun yang lalu.

Selepas mengikuti pembukaan, Wakil Bupati Aminatun Habibah menyambangi kafilah Gresik yang masuk dalam kafilah Provinsi Jawa Timur. Tujuannya tak lain adalah untuk memberikan motivasi dan dukungan moral.

“Kita ingin bertemu dengan anak-anak terbaik Gresik yang berjuang di MTQ tingkat nasional ke-29 ini. Tentu kita harapannya adalah mendapat hasil terbaik,”terang Bu Min-sapaan karib-Wakil Bupati Aminatun Habibah itu. Ia pun meminta doa dan dukungan warga Kota Santri.

Seperti diberitakan sebelum berangkat ke Banjarmasin, empat kafilah sowan dan minta doa kepada Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah pada Jumat, 7 Oktober 2022. Pada kesempatan bertemu dengan mereka, Wabup Aminatun Habibah berjanji akan hadir dalam acara tersebut. 

Bu Min,sapaan akrab, Wabup Gresik memberikan motivasi kepada keempat kafilah asal Gresik itu. Menjaga kesehatan, dan harus percaya diri. Tetap berusaha secara maksimal untuk meraih menjadi yang terbaik. 

“Di tiap perlombaan menang dan kalah itu biasa, tapi tetap fokus kita nanti adalah untuk menang. Karena kita berpikir untuk menang maka harus berusaha secara maksimal, dan meminimalisir kesalahan,”ucapnya.

“Dan meskipun nantinya tidak sesuai harapan, kita insyaallah tidak akan menyesal karena sudah maksimal,”imbuhnya. Bu Min juga pastikan Pemkab Gresik akan selalu hadir dalam mensupport mereka saat lomba. (yad)