Damkar Gresik  Serahkan Binatang Buas dari Rescue ke BBKSDA 

GRESIK,1minute.id– Lukman teriak histeris. Warga Jalan Brantas, Kompleks Perumahan Randuagung, Desa Randuagung, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik spontan teriak setelah melihat seekor ular piton pada Minggu, 16 Oktober 2022.
Ular sepanjang 3 meteran itu ditemukan di dalam kandang ayam milik Lukman. Perut ular membesar setelah memakan seekor ayam milik Lukman tersebut. Lukman pun melaporkan kejadian tersebut kepada Dinas 

Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan-biasa disingkat-Damkar Gresik. Sebanyak delapan personil dikerahkan untuk melakukan proses evakuasi ular tersebut. Tim dipimpin oleh Rony Vincencius Soebiantoro, perwira piket juga Sekretaris Damkar Gresik itu. Proses evakuasi butuh waktu 15 menitan. 

“Warga lapor kepada Kami pukul 14.57 WIB,”kata Kepala Dinas Damkarmat Gresik Agustin Halomoan Sinaga pada Minggu, 16 Oktober 2022. Menurut Sinaga, sore itu pelapor bari saja pulang kerja. Rencananya, mau memberi makan ayam piaraannya. Ketika hendak memberikan makan ayam itu, pelapor melihat seekor ular dalam kandang ayam itu. “Menurut pelapor, ular telah memakan seekor ayam piaraannya,”katanya. 

Aksi rescue kali ke-19 yang dilakukan oleh Damkar Gresik pada Oktober 2022. Sebagai besar rescue ular. Lalu dibawa kemana ular hasil rescue diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur. “Tapi ada juga dilepasliarkan ke tempat pergunungan untuk menjaga ekosistem,”katanya. (yad)