Ginofest 2022, Pocil SD Mugeb Kenalkan Bunga Telang yang Memiliki 7 Khasiat untuk Kesehatan 

GRESIK,1minute.id – Gresik Inovasi Festival (Ginofest) 2022 menjadi semangat baru generasi Z maupun organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Gresik. Banyak inovasi karya para peserta kegiatan yang digagas oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Gresik itu.

Inovasi pelayanan, pengguna teknologi hingga minuman yang memanfaatkan tanaman pekarangan rumah.  Misalnya, Blue Tea Pocil. Teh warna biru, temuan anggota polisi cilik (Pocil) SD Muhammadiyah Gresik Kota Baru (Mugeb) ini cukup menyita perhatian pengunjung Ginofest 2022 di Atrium Icon Mall itu. Teh warna biru itu diklaim mengandung 7 khasiat  kesehatan. 

Apa bahan membuat Blue Tea? Menurut Talitha Aqila Wisaksono dan Dinar, bahan membuat Teh warna biru adalah Bunga Telang. Kembang Telang atau Clitoria ternatea adalah tanaman dari famili Fabaceae dan umumnya ditemukan di seluruh negara Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, Indonesia, India, dan Sri Lanka. 

Ciri khas bunga telang atau kembang telang adalah memiliki kelopak berwarna biru cerah dan telah digunakan sebagai bahan dalam minuman teh herbal di seluruh wilayah selama berabad-abad serta digunakan untuk memasak.Manfaat bunga telang bisa didapatkan dengan menyeduhnya dan meminum teh bunga telang. 

BLUE TEA POCIL: Dua siswa SD Mugeb Thalita dan Dinar kenalkan Khasiat Bunga Telang di acara Ginofest 2022

Menurut Aqila-sapaan-Talitha Aqila Wisaksono, untuk pembuatan cukup mudah. Daun Telang dikeringkan lalu direbus. Air rebus akan berwarna biru.  Untuk menambah khasiat, Blue Tea ini bisa dicampur dengan cengkeh, kayu manis dan lemon. “Cengkeh, Kayu manis dan lemon menjadikan rasa Blue Tea terasa beda dan lebih menyehatkan,”kata Aqila yang juga Komandan Peleton (Danton) Pocil SD Mugeb ini.  Tim Pocil SD Mugeb ini menjadi duta Polres Gresik dalam ajang tingkat Polda Jatim pekan depan. 

Lalu apa khasiat Blue Tea Pocil itu. Ada tujuh khasiat. “Diantaranya mencegah obesitas,”kata Aqila diamini oleh Dinar, yang keduanya kelas VI. Tujuh khasiat itu adalah Mencegah obesitas ; Menstabilkan gula dalam darah ; Menjaga kesehatan kulit ; Baik untuk kesehatan saluran pencernaan ; Mengurangi peradangan dan anti kanker; Menjaga fungsi penglihatan dan daya ingat serta kaya antioksidan.

Ginofest 2022 ini mengusung tema “Kembangkan Kreatifitas Tanpa Batas” tersebut digelar di atrium Iconmall Gresik diikuti 27 peserta mulai sekolah dasar hingga perguruan tinggi serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini dibuka oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani pada Jumat, 21 Oktober 2022.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Gresik Komik (Kolaborasi Milenial Kreatif) yang merupakan bagian dari Nawa Karsa Bupati dan Wakil Bupati Gresik ke-5 yaitu Gema Karya (Gresik Mandiri dan Berkarya).

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, salah satu faktor yang mempengaruhi dalam peningkatan daya saing daerah adalah inovasi. Tingkat kesejahteraan akan semakin tinggi jika daya saing daerahnya juga tinggi.

“Kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat baik dari kalangan pelajar, komunitas, untuk mengembangkan keterampilannya. Sehingga tercipta keunggulan inovasi dan kreatifitas dalam kemajuan perekonomian serta daya saing daerah,”kata mantan Ketua DPRD Gresik itu. (yad)