Waspada Varian baru Covid-19, Polres Gresik Bagikan Masker kepada Penumpang Bus

GRESIK,1minute.id – Wabah coronavirus disease 2019 belum habis. Memasuki tahun ketiga. Virus korona terus mutasi. Kini, muncul varian baru, lebih cepat menyebar tapi tidak menimbulkan vatalitas tinggi. Yaitu, varian Omicron XBB. Dikabarkan satu orang di Kota Surabaya terpapar varian baru itu.

Untuk mengatasi pagebluk itu meluas. Kepala Unit (Kanit) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Ipda Hepi bersama petugas patroli membagikan masker dan memberikan himbauan protokol kesehatan Covid-19 kepada masyarakat di Terminal Bunder, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik pada Rabu, 2 November 2022.

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis mengatakan jika hal ini perlu dilakukan sebagai bentuk Polri mendukung pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus Covid-19 di wilayah Bunder, Gresik.  Mengantisipasi Covid-19 varian baru agar tidak terdeteksi dari warga yang berasal dari luar kota. 

“Kami bagikan masker kepada masyarakat, tujuan kami yaitu memberikan edukasi dan mengajak masyarakat untuk melaksanakan prokes dengan baik,”ucap Kapolres Aziz.

Alumnus Akpol 2002 menjelaskan jika pandemi masih belum berakhir. “Mari kita tetap patuh prokes, karena pandemi belum usai,” pungkasnya. Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Gresik dr Mukhibatul Khusnah menyatakan, pihaknya belum menemukan adanya varian baru virus Covid-19 di wilayah Gresik.  “Meski belum ditemukan di Gresik. Tapi, semua tenaga medis dan peralatan sudah bila sewaktu-waktu terjadi,”katanya pada suatu kesempatan ditemui Kantor Bupati Gresik. 

Dinkes, imbuhnya, tidak menyiapkan tenaga khusus. Karena tenaga medis dan paramedis memiliki pengalaman sebelumnya. (yad)