Ratusan Pendekar dari 18 Perguruan Silat Deklarasi Damai di Makodim 0817/Gresik 

GRESIK,1minute.id – Ratusan pendekar dari 18 perguruan silat turun gunung pada Senin malam, 26 Desember 2022. Para pendekar turun gunung untuk mengikuti Deklarasi Damai Perguruan Silat se-Kabupaten Gresik di lapangan Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0817/Gresik.

Deklarasi yang diinisiasi oleh Dandim 0817/Gresik yang juga Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar yang dihadiri oleh Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis membuat warga Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik adem. 

Kegiatan deklarasi damai diawali dengan pembacaan Pengurus Cabang IPSI Gresik dan diikuti oleh seluruh Ketua dan anggota Perguruan Pencak silat dari 18 perguruan pencak silat yang tergabung dalam IPSI Gresik. Ada 9 Poin kesepakatan yang dibacakan bersama-sama.

“Deklarasi Damai ini bentuk sinergi forkopimda beserta instansi terkait lainya guna menciptakan situasi yang kondusif di Kabupaten Gresik,” ujar Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar.  Sementara itu, Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis mengharapkan pascadekrasi damai tersebut para ketua perguruan silat akan meneruskan hasil deklarasi serta mampu menyampaikan kepada anggotanya. “Ayo bersatu dalam membangun dan menjaga Gresik lebih damai serta lebih maju,” tegas Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis. (yad)