Polres Gresik Ringkus Eks Helper yang Bobol Gudang Gasak 3 Set Cool Storage

GRESIK,1minute.id – Gudang PT GSP di kawasan pergudangan di Desa Sekarkurung Kecamatan Kebomas,  Kabupaten Gresik diobok-obok kawanan maling. Pelaku mengasak tiga set cool storage (mesin pendingin gudang/ evaporato). Kerugian Ditaksir mencapai Rp 454 juta. Aksi pembobolan gudang tersebut terjadi pada Jumat, 23 Desember 2022.

Polisi menciduk tiga orang tersangka Hidayat Taufiq, 35, warga Desa Denanyar, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Kemudian, dua tersangka asal Kabupaten Gresik. Dua tersangka itu Suyanto, 48, warga Kel. Lumpur, Kecamatan Gresik dan Satrio, 24, warga Desa/Kecamatan Bungah.

Informasi yang dihimpun Kamis, 22 Desember 2022 tiga terduga pelaku pembobolan gudang masuk kawasan Pergudangan di Jalan Pergudangan akses Kebomas Mayjend Sungkono, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Ketiga pelaku belakangan diketahui bernama Moh Hidayat, Suyanto, dan Satrio menuju gudang Blok Blok F 30 – F 31 Desa Sekarkurung Kecamatan Kebomas.

Mereka sudah menggambar kondisi gudang tersebut sebelumnya. Sebab,  ketiga pelaku adalah eks pekerja di Kompleks Pergudangan tersebut. Mereka mengambil tiga set cool storage (mesin pendingin gudang/ evaporato). Ditaksir mencapai Rp 454 juta. Sehari kemudian, dua dari tiga pelaku, yakni Taufiq Hidayat dan Suyanto kembali ke gudang. Sedangkan, Satrio absen karena mendapat orderan driver pikap.

Namun, hari kedua itu, pada Jumat, 23 Desember 2022 kedua pelaku tidak mendapatkan barang incarannya. Sebab, petugas kontrol gudang memergokinya eks helper perusahaan yang sedang melakukan aktifitas memotong mesin pendinging cool storage ( Evaporator) dengan menggunakan alat Las Listrik. Saat itu, sekitar pukul 13.35 WIB. 

Pelapor kemudian menghubungi sekuriti gudang dan meneruskan ke Polsek Kebomas. Kedua pelaku Taufiq Hidayat dan Suyanto pun diringkus. Mereka kemudian dibawa ke Mapolsek Kebomas. Dalam pemeriksaan, Taufiq Hidayat dan Suyanto “menyanyi” kepada penyidik pencurian dilakukan tiga orang. Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan menangkap Satrio di Bungah. 

Berdasarkan hasil inventarisir barang dalam gudang dan didapati barang-barang berupa 4 unit mesin Evaporator, 4 unit kondensor, lantai rak besi (6 Meter), pipa tembaga (20 meter),  telah hilang. 

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis membenarkan kejadian pembobolan gudang tersebut. “Sebanyak tiga tersangka kami ringkus dan dijerat dengan Pasal 363 Ayat 1 (4) KUHPidana,” tegas Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis pada Senin, 2 Januari 2023.

Nur Azis melanjutkan pencurian yang dilakukan ketiga pelaku terjadi pada Kamis, 22 Desember 2022 sekitar pukul 17.00 WIB. “Pelapor selaku karyawan PT GPS dan penanggung jawab gudang datang ke lokasi gudang dengan tujuan kontrol kondisi gudang. Mendapati banyak barang-barang berupa waring dan bak milik Perusahaan yang tidak ada,” jelas alumnus Akpol 2002 itu. Ketiga orang pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka. “Mereka kami tahan,” tegasnya. (yad)