Nguri-uri Budaya Leluhur Gelar Festival Kasidah dan Albanjari di GNI 

GRESIK,1minute.id – Festival Kasidah dan Albanjari di gelar di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Gresik. Festival memperebutkan Piala Bupati Gresik itu diikuti 22 Grup Kasidah dan 32 Grup Albanjari ini dibuka oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah pada Sabtu, 11 Maret 2023. Festival memeriahkan HUT ke-49 Pemkab Gresik dan Hari Jadi ke-536 Kota Gresik Kota Gresik ini digelar sampai Minggu, 12 Maret 2023.

Antusiasme peserta mengikuti festival ini mendapatkan apresiasi dari Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah. Bu Min-sapaan karib-Aminatun Habibah berharap kedepan dilakukan seleksi setiap kecamatan sehingga memiliki wakil dalam festival ini.

“Festival ini bisa menjadi agenda tahunan. Sehingga kesenian Islami ini bisa lestari keberadaannya di Kabupaten Gresik,” ungkap Bu Min pada membuka Festival Kasidah dan Albanjari pada Sabtu, 11 Maret 2023.

Potret keberagaman dan kerukunan antarumat di Kabupaten Gresik terbingkai dalam gelaran Festival Kasidah dan Albanjari Piala Bupati ini. Gelaran ini didukung oleh Gusdurian dan Forum Masyarakat Gresik Cinta Keberagaman (Formagam) Gresik. 

“Saya tidak bisa berkata apa-apa. Dukungan teman-teman Formagam ini merupakan suatu penghargaan bagi keberagaman di Kabupaten Gresik. Mudah-mudahan hal ini bisa terus ada di Kabupaten Gresik yang kita cintai,” pungkas Wabup berlatar pendidik itu.

Ketua Panitia Festival Kasidah dan Albanjari Gus Salam mengatakan piala kesenian kasidah dan Albanjari secara filosofis mengajarkan akan Kebhinekaan. Karena di dalamnya, digunakan berbagai alat musik dan beragam suara dari masing-masing individu yang dipadukan. “Alhamdulillah kegiatan hari ini kita turut serta melestarikan ajaran leluhur. Dan luar biasanya lagi, kepanitiannya juga diisi dari lintas agama dan lintas iman,” terang Gus Salam. (yad)