Tumpeng Nasi Krawu Tertinggi di Indonesia Semarakkan Hari Jadi Kota Gresik 

GRESIK,1minute.id – Tumpeng Nasi Krawu menjulang tinggi di Atrium Gresmall pada Sabtu, 11 Maret 2023. Nasi krawu itu tingginya mencapai 2,5 meter. Ada sebanyak seribu bungkus nasi krawu yang disusun hingga menyerupai nasi tumpeng itu. 

Tumpeng nasi krawu tertinggi di Indonesia itu bagian dari HUT ke-49 Pemkab Gresik dan Hari Jadi ke-536 Kota Gresik itu dipersembahkan oleh Komunitas Wartawan Gresik (KWG) kolaborasi dengan Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparekrafbudpora) Gresik kemudian diberikan kepada pengunjung mal berada di Jalan Sumatera, GKB itu.

Festival Nasi Krawu ini dihadiri oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani menyebut kegiatan tersebut berdampak positif bagi warga Gresik.

“Festival ini ternyata memberikan hasil yang di luar ekspektasi. Acara yang awalnya diagendakan sederhana, tapi sekarang dapat menjadi hiburan dan memberi dampak yang positif bagi warga Kabupaten Gresik. Ini juga bentuk kontribusi teman-teman KWG untuk merayakan hari ulang tahun Kabupaten Gresik.” ujar Gus Yani.

Seperti yang telah diketahui, nasi krawu telah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sehingga, nasi krawu telah resmi menjadi bagian dari makanan khas Gresik bersama dengan Sanggring Kolak Ayam Gumeno.

Melihat antusiasme para warga, festival yang seharusnya dibuka jam satu siang, sengaja dimajukan satu jam lebih cepat oleh Gus Yani. Menurut salah seorang pengunjung, mereka telah menunggu sejak jam 10 pagi.

“Saya sangat terkesan kepada rekan-rekan KWG, karena organisasi atau komunitas ini dapat memberikan sebuah ide yang luar biasa dalam mengisi kegiatan HUT kabupaten Gresik. Yang juga turut mengundang partisipasi warga dalam pelaksanaannya,” ucap Gus Yani.

Sementara itu, Ketua KWG Miftahul Arif mengatakan, ide awal tercetusnya festival tersebut bermula dari perbincangan warung kopi. Dia bersama anggota KWG yang lain saat itu tengah membahas mengenai upaya KWG dalam merayakan HUT Gresik.

“Ini berangkat dari kita ngopi, muncul ide bersama generasi muda KWG. Tercetuslah agenda tumpeng raksasa nasi krawu ini. Dan Alhamdulillah direspon positif oleh Pak Bupati Gresik.” kata Mifta.

Dia juga mengatakan, tumpeng nasi krawu raksasa ini adalah yang pertama terselenggara di Gresik. Kedepannya, dengan langkah awal seperti ini dapat lebih mengenalkan pesona nasi krawu kepada masyarakat Indonesia, khususnya warga Gresik.

Selain Gus Yani, festival krawu kali ini juga dihadiri diantaranya Kepala Dinas PMD Abu Hasan, Kepala Disparekrafbudpora Gresik  Syaifudin Ghozali, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Gresik Agung Endro Dwi Setyo Utomo, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Moh. Nadlilah, Kepala Dinas KBPPPA Titik Ernawati, dan Dirut Perumda Giri Tirta Gresik Kurnia Suryandi. (yad)