Wabup Gresik Kick Off BLiSPI Youth Cup Di G-JOS, 12 Pemain Terbaik TC ke Malaysia 

GRESIK,1minute.id – Wakil Bupati Gresik  Aminatun Habibah melakukan kick off Turnamen BLiSPI Youth Cup Dihelat di Stadion Gelora Joko Samudro (G-JOS) Gresik pada Sabtu, 11 Maret 2023.

Turnamen antarklub sepakbola pelajar dihelat oleh Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (BLiSPI) ini diikuti 24 tim berasal dari 18 Provinsi. Ada dua kategori BLiSPI Youth Cup U-12 Putra dan U-16 Putri berlangsung hingga Senin lusa, 14 Maret 2023. 

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah menyampaikan terima kasih atas kepercayaan BLiSPI yang menjadikan G-JOS sebagai venue turnamen. “Semoga melalui perhelatan ini melahirkan talenta pemain sepak bola nasional yang handal. Saya atas nama pemerintah daerah sangat mendukung turnamen ini sebab turut meramaikan dunia sepak bola Indonesia pada umumnya dan sepak bola Gresik pada khususnya,” kata Bu Min-sapaan karib-Aminatun Habibah. 

Ia juga berpesan kepada para tim agar menjunjung tinggi sportivitas bertanding. “Selamat bertanding kepada para tim. Junjung tinggi sportivitas dan bermain sebaik mungkin,” katanya.

Ketua Umum BLiSPI Subagja Suihan menuturkan, turnamen ini bekerjasama dengan Pemda Gresik serta manajemen Gresik United. Ia mengatakan, turnamen tersebut merupakan agenda untuk menyeleksi pemain muda berbakat di Indonesia yang nantinya akan dikirim ke Kuala Lumpur Malaysia.

“Rencana semula ada 34 peserta, namun dikarenakan situasi dan kondisi yang kurang memungkinkan jadi dipersempit menjadi 24 peserta,” ucapnya. Ia menjelaskan, regulasi untuk pemain dengan kategori U-12 putra, yakni dengan ketentuan pemain kelahiran maksimal 2011 dan 2012. Sedangkan untuk Putri U-16 pemain kelahiran 2007, 2008 dan 2009.

Sementara itu, untuk venue BLiSPI Cup, Subagja menjelaskan telah diputuskan dengan menggunakan dua lapangan pertandingan. “Jadi, untuk venue lapangan akan dihelat di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik dan Stadion Semen Gresik,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa untuk gelaran partai final akan diselenggarakan di Stadion Gelora Joko Samudro. Tim talent scouting akan menentukan 12 pemain terbaik kategori putra U-12, dan kategori putri U-16 yang nantinya masuk training centre.

“Bagi para pelatih dan para pembina agar disampaikan kepada orang tua dari sekarang, bahwa pada tanggal 14 Maret, timnas pelajar Indonesia yang terpilih akan masuk dalam training center, dan pada tanggal 17 kita bertolak ke Kuala Lumpur dari Bandara Juanda Surabaya,” jelasnya. (yad)