5 Khasiat Kerang Hijau, Cocok Untuk Menu Buka Puasa, Amudi: Sekali Panen Bisa Lebih 2 Ton 

GRESIK,1minute.id – Campurejo, salah satu desa di Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik penghasil kerang hijau terbesar. Kerang hasil budidaya itu, ada yang di ekspor. Sebagian besar di konsumsi untuk konsumsi di dalam negeri. 

Menurut Kepala Desa Campurejo Amudi, masa panen kerang hijau sekitar 4 bulan sekali. “Sekali panen bisa mencapai lebih kurang 2 ton,” kata Amudi dikonfirmasi 1minute.id beberapa waktu lalu. Akan tetapi, setiap hari ada juga nelayan yang memanen kerang hijau untuk dijual ke masyarakat. “Biasanya size standar. Size lebih besar dipanen berikutnya,” kata Amudi.

Kerang hijau sebuah potensi ekonomi bila digarap secara serius. Sebab, seluruh yang melekat di kerang hijau bisa memiliki nilai ekonomis. Isi kerang hingga cangkangnya. “Untuk cangkangnya pernah dilakukan penelitian oleh mahasiswa bisa untuk bahan baku tepung,” katanya. Sedangkan, isi kerang hijau bisa di konsumsi karena memiliki kandungan zat tinggi untuk kesehatan.

Sejumlah literatur menyebutkan kerang hijau sedikit memiliki 5 khasiat untuk kesehatan tubuh. Sebab, kerang hijau memiliki kandungan  protein, lemak, karbohidrat, kalsium, zat besi, zinc, vitamin A, vitamin B12, dan vitamin E. Ini 5 khasiat kerang hijau itu.

1. Memperkuat Persendian

Kandungan zinc di dalam kerang hijau dapat membantu memperkuat persendian. Bahkan kandungan kerang bisa membantu memperkuat otot dan tulang. 

2. Mengatasi Anemia

Mengonsumsi kerang hijau bisa dijadikan solusi untuk mengatasi anemia, karena kerang hijau mengandung zat besi. Anemia adalah kondisi kurang darah, akibat kurang mengonsumsi zat besi.

3. Meningkatkan Sistem Kerja Otak

Mengonsumsi kerang memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kerja otak. Kerang hijau mengandung Omega-3 dan vitamin B12. Kandungan inilah yang akan meningkatkan sistem kerja otak dan meningkatkan daya ingat.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat kerang hijau lainnya adalah untuk mencegah penyakit jantung. Karena kerang hijau memiliki kandungan yang bisa menetralkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Sehingga orang yang mengonsumsinya akan terhindar dari risiko serangan jantung.

5. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat kerang hijau yang terakhir adalah dapat membantu meningkatkan kesuburan perempuan yang sedang menjalankan program hamil. Tetap pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter ya. 

Cangkang Kerang Hijau

Bagaimana dengan cangkang kerang hijau.  Cangkang kerang hijau ini banyak ditemukan di Dusun Sidorejo, Desa Campurejo, Kecamatan Panceng. Cangkang kerang dibiarkan berserakan setelah bagian daging diambil untuk di jual. 

Menurut Amudi, sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi pernah melakukan penelitian cangkang kerang. Salah satunya, cangkang kerang bisa menjadi bahan baku tepung makanan. “Tapi, belum bisa kami maksimalkan karena sulit pemasarannya,” kata Amudi. (yad)