Ditinggal Mudik, Dua Unit Bedeng “Mewah” Hangus Terbakar 

GRESIK,1minute.id – Dua unit rumah bedeng Jalan PJKA Suci, Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik hangus terbakar pada Sabtu sore, 25 Maret 2023. Tidak ada korban jiwa dalam musibah di awal bulan Suci Ramadan itu. Sebab, pemilik dan penghuni dua rumah “mewah” alias mepet sawah itu sedang mudik untuk menunaikan ibadah puasa.

“Pemilik rumah bedeng pulang kampung sebelum bulan puasa,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik Agustin Halomoan Sinaga pada Sabtu, 25 Maret 2023. 

Sinaga mengatakan, Sabtu sekitar pukul 15.50 WIB ada seorang warga bernama Edi menghubungi call center 112 Gresik. Lelaki 42 tahun ini melaporkan ada kebakaran rumah bedeng di Jalan PJKA Suci, Desa Suci, Kecamatan Manyar. “Api waktu sudah membesar,” kata Sinaga. 

Pelapor khawatir lidah api akan menjilat rumah warga lainnya. Sebanyak 7 personel dengan mengendarai satu unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit mobil suplai menuju tempat kejadian kebakaran (TKK). “Anggota memakai alat pelindung diri (APD) lengkap,” terangnya. 

Api masih besar. Namun, aliran listrik mengarah ke lokasi kebakaran belum di putus oleh petugas setrum negara. “Menjelang buka puasa, kami bisa menguasai api,” ujar mantan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Gresik itu. Berdasarkan keterangan sejumlah warga setempat, dua unit bedeng itu ditempati oleh penjaga (pandega) tambak dan penjaga tower telekomunikasi. “Tapi, sebelum puasa mereka pulang. Ada kemungkinan penyebab kebakaran akibat konsleting,” katanya. (yad)