Azzahra, Hafiz Tuna Netra Bertemu Wabup Gresik. Ini Pesan Wabup!

GRESIK,1minute.id – Hafiz cilik Affreda Kharisma Azzahra bertemu Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah di kantor Bupati Gresik pada Selasa, 28 Maret 2023.

Saat bertemu Bu Min-sapaan karib-Aminatun Habibah, Azzahra ditemani kedua orangtuanya, Solikhin dan Sri Wahyuni serta Kepala UPT Layanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik Innik Hikmatin. Bu Min terharu bertemu dengan siswa kelas II SD Negeri 263 Gresik yang istimewa itu. Azzahra, lahir prematur dan divonis oleh dokter mengalami gangguan penglihatan alias tuna netra ketika menginjak usia 4 bulan. 

Namun, Sang Khaliq memberikan keistimewaan kepada Azzahra. Otak Azzahra encer. Mudah menghafal. Diusia 7 tahun, bocah asal Tanjungsari, Desa Randuboto, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik itu telah hafal quran 9,5 juz. Keistimewaan yang tidak dimiliki oleh anak-anak sebayanya. Azzahra pun bisa lolos ajang pencarian bakat penghafal Quran, program Hafiz Indonesia 2023 di salah satu stasiun televisi nasional di Indonesia. 

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah sempat menguji hafalan Quran Azzahra. Wabup berlatar pendidik itu membaca beberapa ayat Quran untuk kemudian Azzahra melanjutkan membaca. Suara Azzahra yang merdu, tajwid benar membuat Bu Min terharu sekaligus bangga. 

“Bacaan sudah bagus. Terus belajar dan semangat  mendapatkan hasil yang terbaik nantinya,” ucap Bu Min memberikan semangat dan mendoakan Azzahra menjadi anak sukses. Pada kesempatan itu, Azzahra juga mohon doa restu dan dukungan warga Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik untuk kelancaran audisi Hafiz Indonesia 2023. “Mohon doa dan restunya,” katanya.

Seperti diberitakan 1minute.id  Azzahra tampil memukau pada pembukaan Baznas Berbagi Ceria di lapangam indoor Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) pada Minggu, 26 Maret 2023. Acara tersebut dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah serta Forkopimda lainnya serta 1000 anak yatim. 

Azzahra kebagian membaca alquran untuk pembukaan acara tersebut. Seisi lapangan Indoor yang semula gegap gempita berubah hening ketika Azzahra melantunkan ayat alquran. Suara begitu merdu. Azzahra adalah anak keempat dari pasangan suami-istri, Solikhin dan Sri Wahyuni. 

“Ini anak keempat yang hidup. Anak pertama, kedua dan ketiga meninggal,” ujar Solikhin yang tinggal di Tanjungsari, Desa Randuboto, Kecamatan Sidayu itu. Solikhin bekerja serabutan. Setiap hari Azzahra didik murotal. Bocah 7 tahun itu juga harus setor hafalan kepada guru ngajinya.  Azzahra pun senang menjalani kesibukan itu. Ia pun selalu ceria. (yad)