Pemkab Gresik Gelar Mudik Bareng Gratis, Simak Cara Daftar, Rute dan Syaratnya

GRESIK,1minute.id – Program mudik gratis kembali diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik. Duet Bupati-Wakil Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah menyediakan 10 unit bus untuk mengangkut pemudik asal Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik itu.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Gresik Tarso Sagito mengatakan, pemkab Gresik menggelar program mudik gratis ini untuk kali ketiga. “Tahun ini, kita menyediakan 10 unit bus untuk mengangkut arus mudik,” kata Tarso Sagito disela mengikuti Baznas Berbagi Ceria “Santunan dan Pemberian paket tas sekolah bagi 1000 yatim” di lapangan Indoor gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) pada Minggu, 26 Maret 2023.

Jumlah armada bus untuk mengangkut pemudik itu bisa bertambah bila animo masyarakat sangat tinggi. “Untuk tahun ini, tujuan mudik paling jauh ke Ponorogo,” imbuh mantan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik tersebut. “Tempat keberangkatannya di halaman kantor Bupati Gresik pada 20 April nanti,” ujar mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Gresik itu.

Bagaimana cara mendaftar mudik gratis? Pendaftaran mulai dibuka 3 s.d 17 April 2023. Calon pemudik harus membawa kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) dan Kartu Keluarga (KK). Calon pemudik daftar ke kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik di Kompleks Terminal Bunder, Gresik.  

Untuk diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI memprediksi jumlah pemudik pengguna sepeda motor tahun ini sekitar 25,13 juta orang atau naik 20,3 % dari tahun sebelumnya dari total prediksi pemudik mencapai 132,8 juta. Program mudik gratis bertujuan untuk mengurangi jumlah pemudik pengguna sepeda motor. (yad)