Mudik Gratis Pemkab Gresik Layani 8 Jurusan se-Jatim, Bupati Gresik: Semoga Menjadi Penawar Rindu 

GRESIK,1minute.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik kembali menggulirkan mudik lebaran gratis. Pendaftaran dibuka mulai Senin, 3 April sampai 17 April 2023. Hari pertama, atau hingga pukul 14.00 WIB tercatat 600 calon pemudik yang mendaftar di kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik. 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani memantau langsung proses pendaftaran mudik gratis di kantor Dishub yang berada di Kompleks Terminal Bunder, Gresik itu. Mereka cukup membawa kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) dan Kartu Keluarga (KK). Ada delapan jurusan yang dilayani dalam mudik gratis tahun ini.

Delapan jurusan itu yakni Gresik- Pasuruan- Situbondo ; Gresik- Probolinggo- Lumajang- Jember ; Gresik- Malang- Blitar; Gresik- Jombang- Kediri- Tulungagung- Trenggalek. Berikutnya, jurusan Gresik- Madiun- Ponorogo; Gresik- Lamongan- Bojonegoro- Pandanan- Ngawi; Gresik- Madiun- Magetan. “Tahun ini, ada tambahan jurusan yakni Gresik- Madura yakni Bangkalan dan Sumenep,” kata Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani pada Senin, 3 April 2023.

Menurut Gus Yani, momen mudik kali ini merupakan penawar rindu yang mahal harganya. Karena tahun lalu masih ada larangan mudik karena pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan dengan adanya fasilitas mudik gratis ini menjadi penawar rindu bagi masyarakat yang ingin pulang kampung. Kami turut bahagia melihat masyarakat dapat merasakan mudik dan menikmati masa lebaran bersama keluarga. Insya Allah di tahun mendatang bisa terselenggara lagi seperti harapan masyarakat,” ujarnya.

Bety Ratnasari, 30, salah satu perantau asal Kabupaten Trenggalek mengaku senang dan terbantu adanya mudik gratis itu. “Terima kasih Pemkab Gresik sudah menyediakan fasilitas mudik gratis. Saya sangat terbantu, sebab menghemat ongkos pulang kampung” kata pekerja di Gresik. 

Ririn Novitasari, 34, yang hendak mudik ke Bojonegoro bersama anaknya yang masih balita. Ia mengaku lebih nyaman naik bus saat mudik. “Naik bus minim risiko keselamatan di jalan raya dibanding dengan naik motor. Karena saya mengajak anak balita, jadi lebih nyaman. Terima kasih pak Bupati sudah dikasih pelayanan mudik gratis. Mudah-mudahan tahun depan ada lagi,” harapnya. (yad)