Wabup Gresik Salurkan CPP kepada 84.871 KPM 

GRESIK,1minute.id – Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah  secara simbolis menyalurkan cadangan pangan pemerintah (CPP) untuk Kabupaten Gresik kepada warga Desa Dahanrejo, Kecamatan Kebomas pada Kamis, 6 April 2023.

Penyaluran CPP perdana dipusatkan di Balai Desa Dahanrejo, Kecamatan Kebomas. Kabupaten Gresik mendapat kuota 84.871 keluarga penerima manfaat (KPM). Setiap KPM mendapatkan bantuan sosial (bansos) pangan CPP berupa beras sebanyak 10 kilogram. Di Desa Dahanrejo ada sebanyak 96 KPM.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah  menyampaikan, pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi. Ini merupakan sumber energi untuk mempertahankan hidup. Pemerintah perlu memberikan jaminan atas pangan terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). “Tujuannya agar keluarga memiliki akses terhadap pangan pada harga dan volume yang ideal bagi kebutuhan,” kata Bu Min-sapaan karib-Aminatun Habibah dan sambutannya.

Selain itu, lanjutnya, salah satu upaya untuk meningkatkan akses masyarakat adalah melalui pemberian bantuan yang bersumber dari cadangan pangan pemerintah.”Masyarakat tidak perlu khawatir akan kualitas beras yang diberikan. Karena ini sudah melalui pemeriksaan oleh Dinas Pertanian,” tegasnya. 

Dikatakan, bantuan ini langsung ditunjuk oleh pemerintah pusat sesuai nama yang diusulkan. Pemerintah Kabupaten Gresik berharap agar data ini tidak keliru dan valid agar masyarakat yang benar benar membutuhkan mendapatkan bantuan beras ini.

Disamping itu, wabup itu juga berpesan kepada para penerima manfaat agar dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya. Apalagi di bulan suci Ramadan dan menyambut hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah, yang tentunya banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.

“Bantuan yang disalurkan ini menjadi wujud kepedulian dan ikhtiar Pemerintah untuk terus mengupayakan peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat, khususnya di Kabupaten Gresik,” tandasnya. Penyaluran CPP ini dihadiri  perwakilan Bulog  regional Jawa Timur Setiawan, Kepala Dinas Sosial Gresik Ummi Khoiroh, Kepala Dinas Pertanian Eko Anindito Putro, Kepala Kantor Pos Cabang Gresik Maestro Yunan, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Kebomas S Farida serta Kepala Desa Dahanrejo Mochammad Hasan.

Di tempat sama, Setiawan, perwakilan dari Bulog Regional Jawa Timur menambahkan Bulog mendapatkan tugas penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP). Bantuan Pangan mulai Maret hingga Mei 2023. “Untuk Kabupaten Gresik sebanyak 84.871 penerima dan akan diberikan selama 3 kali. Ini merupakan beras cadangan pemerintah jenis premium,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Gresik Ummi Khoiroh menambahkan, bantuan ini berasal dari pemerintah pusat melalui Bulog. Sedangkan transporternya dipercayakan pada PT. Pos Indonesia. “Launching penyaluran dilakukan di Desa Dahanrejo total sebanyak 96 penerima. Sementara diberikan kepada 25 KPM, sisanya sambil menunggu cleancing data yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia,” kata Ummi. (yad)