Makam Siti Fatimah binti Maimun, Putri Raja Malaka Dikenal Makam Panjang (5)

Destinasi Wisata Religi di Gresik

 WISATA religi makam Siti Fatimah binti Maimun di Kota Giri itu mulai ramai peziarah. Wisata hati berlokasi di Desa Leran, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Pada 10 hari pertama dan kedua tidak ada tamu. Mulai Malaman (malam 21 Ramadan) peziarah mulai lagi.

Halaman makam anak semata wayang Maimun bergelar Sultan Mahmud Syah Alam dengan Dewi Aminah terasa Asri. Pepohonan rindang. Sultan Mahmud Syah Alam adalah Raja Malaka. Cungkup makam berupa gedung tembok persegi dari batu kapur. Bangunannya menyerupai candi.

Bangunan penyebar agama Islam asal Kamboja ini, ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim. Siti Fatimah, putri raja Malaka adalah penyebar agama Islam perempuan tertua di Indonesia. Beliau wafat pada 1082 Masehi. Saat itu Siti Fatimah atau Dewi Retno Swari masih remaja. Usia baru 18 tahun. 

Konon, wafatnya Siti Fatimah akibat terserang wabah penyakit. Menurut cerita juru kunci Ainur Rofiah dikutip dari buku Grissee Kota Bandar, Siti Fatimah asal Kamboja datang dengan naik perahu. Desa Leran saat itu masih berupa perbukitan dikelilingi lautan. Nyai Siti Fatimah berkeliling menyebarkan agama Islam singgah di Leran. “Peleleran (singgah) Siti Fatimah dulunya Bukit,”cerita nenek 8 cucu ini. Dalam pemberhentian didampingi 4 dayang yang setia melayani Siti Fatimah.

Mereeka adalah Nyai Seruni, Putri Keling, Putri Kucing, Putri Kamboja. ”Itu nama negaranya. Karena Nyai Fatimah berasal dari Kamboja,” kata istri Hasyim Ali (almarhum). Makam mereka berada di dalam cungkup bangunan makam Siti Fatimah binti Maimun. Masyarakat Gresik mengenal Makam Siti Fatimah sebagai kuburan atau Makam Panjang. Sebab, dalam kompleks makam ini terdapat sejumlah makam panjangnya sekitar 9 meter. Makam itu tersebar di sekitar makam Siti Fatimah binti Maimun.

MAKAM PANJANG: Makam Sayyid Jalal, Sayyid Jamal, dan Sayyid Jamaluddin. Mereka adalah para prajurit Sultan Mahmud yang diberi kuasa untuk memegang dan mengurus barang-barang pusaka pada masa Siti Fatimah binti Maimun (Foto: Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Makam panjang itu terdapat di gerbang masuk makam pertama terdapat dua makam yakni Raden Ahmad dan Raden Said. Keduanya disebut sebagai penjaga atau penerima tamu. Kemudian, makam Sayyid Kharim, Sayyid Ja’far dan Sayyid Syarif. Ketiganya berada dalam satu areal yang dibatasi pagar setinggi pinggang orang dewasa. Mereka adalah saudara-saudara Sultan Mahmud. 

“Makam panjang lainnya, adalah Sayyid Jalal, Sayyid Jamal, dan Sayyid Jamaluddin. Mereka adalah para prajurit Sultan Mahmud yang diberi kuasa untuk memegang dan mengurus barang-barang pusaka pada masa iitu,” terang Hj Ainur Rofiah, mengatakan pintu gerbang dari kayu bertuliskan ”Mintalah pada Allah”.

Untuk diketahui Grissee Kota Bandar adalah salah satu buku muatan lokal. Semuanya cerita yang ada di Gresik. Mulai destinasi wisata religi, seni budaya dan destinasi wisata di Gresik daratan sampai pulau Bawean. Buku itu karya Chusnul Cahyadi ini- kini mengelola media online 1minute.id, hasil dari ngelutus lebih dari satu dasawarsa di Kabupaten Gresik (*/bersambung)