Antisipasi Kebakaran, Damkarmat Siapkan 118 Personil Selama Mudik Lebaran 

GRESIK,1minute.id – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik menggelar Apel Kesiapsigaan Bencana Kebakaran pada Selasa, 17 April 2023. Apel dipimpin oleh Kepala Dinas Damkarmat Gresik Agustin Halomoan Sinaga. 

Dalam apel itu, dilakukan pengecekan personil, alat pelindung diri (APD) hingga mobil sebagi antisipasi kejadian kebakaran saat libur lebaran.

Menurut Agustin Halomoan Sinaga, selama libur lebaran pihaknya menyiagakan sebanyak 118 personil yang terbagi di tiga posko. Yakni posko Driyorejo, Posko Dukun, dan Posko Kota.

“Kami juga menyiagakan di posko mudik lebaran,” katanya usai memimpin apel pada Selasa, 17 April 2023. Kesiapan personil menjadi salah satu perhatiannya. Personil harus dalam keadaan sehat dan siap dalam bersiaga ketika libur lebaran nanti. Pihaknya juga memastikan apabila baju-baju APD dalam keadaan baik dan siap digunakan

“Kami cek semua segala peralatan untuk pemadaman maupun penyelamatan,” tegas mantan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda dan Olahraga (Disparekrafbudpora) Gresik itu.

Menurutnya, selama libur lebaran risiko kebakaran cukup besar. Sebab banyak rumah ditinggal oleh pemilik yang sedang mudik. Karena itu, ia menghimbauan agar sebelum mudik masyarakat diminta memastikan rumah dalam kondisi aman. Seperti sudah memastikan arus listrik dimatikan atau dalam kondisi aman, regulator tabung gas sudah dicopot, hingga menitipkan rumah kepada tetangga yang tidak mudik. (yad)