SIG Bagikan Dividen Rp 1,65 Triliun, RUPST Setujui Rombak Pengurus Perseroan 

GRESIK,1minute.id – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG/Perseroan) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2023 di Jakarta pada Senin, 17 April 2023. Rapat menyetujui penetapan penggunaan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk  2022 sebesar Rp 2,36 triliun. Rinciannya, sebesar 70% atau Rp 1,65 triliun ditetapkan sebagai dividen tunai dan 30% atau Rp 709,45 miliar ditetapkan sebagai cadangan lainnya.

Jika dibandingkan dengan nilai yang dibagikan pada tahun lalu yang sebesar Rp 1,02 triliun, pembagian dividen pada tahun ini terhitung tumbuh sebesar 61,76%. Hal ini mengindikasikan komitmen Perseroan untuk terus memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham.

Direktur Utama SIG Donny Arsal mengatakan, SIG akan terus berupaya untuk memperkuat kapabilitas Perseroan melalui inovasi produk dan layanan, penguatan jaringan distribusi dan optimalisasi fasilitas produksi, hingga peningkatan operational excellence pada aktivitas operasional termasuk inisiatif digitalisasi yang berkontribusi pada efisiensi, untuk menyasar peningkatan kinerja pada 2023.

“SIG berkomitmen untuk terus menjaga kepemimpinan pasar dan mempertahankan kinerja yang positif demi terciptanya pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan bernilai tambah bagi para pemegang saham,” kata Donny Arsal.

Perubahan Susunan Pengurus Perseroan

Rapat itu menyepakati ada perubahan Susunan pengurus Perseroan. Yakni, memberhentikan dengan hormat Astera Primanto Bhakti sebagai Komisaris; Aas Asikin Idat sebagai Komisaris Independen; Aulia Mulki Oemar sebagai Direktur Bisnis dan Pemasaran; dan Adi Munandir sebagai Direktur Supply Chain.

Rapat juga mengubah nomenklatur jabatan Direksi Perseroan yaitu semula Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko menjadi Direktur Keuangan dan Manajemen Portofolio.

Selanjutnya, Rapat mengangkat Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan, yaitu Yustinus Prastowo sebagai Komisaris;  Saor Siagian sebagai Komisaris Independen; Subhan sebagai Direktur Bisnis dan Pemasaran; dan  Reni Wulandari sebagai Direktur Operasi.

Susunan lengkap Komisaris dan Direksi SIG adalah Komisaris Utama Rudiantara ; Komisaris Arief Prasetyo Adi ; Lydia Silvana Djaman ;  Sony Subrata ; dan Yustinus Prastowo. Komisaris Independen Saor Siagian ; Nasaruddin Umar. Sedangkan,  jajaran Direksi adalah Direktur Utama Donny Arsal; Direktur Bisnis dan Pemasaran Subhan; Direktur SDM dan Umum Agung Wiharto; Direktur Operasi Reni Wulandari ; Direktur Supply Chain Yosviandri dan Direktur Keuangan dan Manajemen Portofolio Andriano Hosny Panangian.

Keputusan rapat lainnya: Menyetujui Laporan Tahunan Perseroan Tahun Buku 2022 termasuk Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Tahun Buku 2022, pengesahan Laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2022, dan penyajian kembali Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan untuk Tahun Buku 2021 sehubungan dengan integrasi PT Semen Baturaja Tbk, sekaligus pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya kepada Direksi dan Dewan Komisaris atas tindakan pengurusan dan pengawasan Perseroan yang telah dijalankan selama Tahun Buku 2022.

Menyetujui Laporan Tahunan Pelaksanaan Program TJSL dan Pengesahan Laporan Keuangan Program Pendanaan UMK Tahun Buku 2022, sekaligus pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab kepada Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas pengurusan dan pengawasan Pelaksanaan Program TJSL yang dijalankan selama Tahun Buku 2022.

Menyetujui Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Penggunaan Dana (RPD) Penawaran Umum Terbatas melalui Penambahan Modal dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu I (PMHMETD I) dan persetujuan perubahan atas RPD hasil penawaran umum terbatas melalui PMHMETD l. (yad)