Pemkab Gresik Jamin Stok Kebutuhan Bahan Pokok Aman Selama Lebaran, Wabup : Harga Ikan Bandeng Merangkak Naik

GRESIK,1minute.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik menjamin stok kebutuhan bahan pokok aman selama lebaran. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah usai melakukan inspeksi mendadak (Sidak) harga kebutuhan pokok di Pasar Baru Gresik (PBG) pada Selasa, 18 April 2023.

“Kami baru memantau perkembangan harga kebutuhan pokok. Alhamdulillah harga kebutuhan relatif stabil. Ada kenaikan tapi tidak signifikan,” ujar Wabup Aminatun Habibah didampingi Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Gresik Malahatul Fardah , Kadis Pertanian Gresik Eko Anindito Putro dan Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja (Pol PP) Gresik Suprapto dan petugas dari Badan Pusat Statistik Gresik. 

Bu Min-sapaan karib-Aminatun Habibah melanjutkan, harga sudah terkendali dan sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp 12.500 per kilogram. “Tiga minggu lalu harga diatas HET,” katanya.  Harga daging sapi stabil masih berkisar Rp 100 ribu per kilogram. “Harga ikan bandeng cenderung naik. Kan sekarang Pasar Bandeng,” kata Wabup perempuan pertama di Kabupaten Gresik itu sambil tersenyum. 

SIDAK PASAR : Wabup Gresik Aminatun Habibah didampingi Sekretaris Daerah Gresik Achmad Washil Miftachul Rachman, Kepala Diskoperindag Gresik Malahatul Fardah dan petugas BPS melakukan pemantauan harga kebutuhan di Pasar Baru Gresik pada Selasa, 18 April 2023 ( Foto: Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Pasar Bandeng adalah tradisi turun temurun selama puluhan bahkan ratusan tahun. Konon sejak era Sunan Giri. Pasar Bandeng dan Lelang Bandeng Kawak digelar oleh Pemkab Gresik menjelang akhir Ramadan antara malem 27 sampai 29 Ramadan. Tahun ini, Lelang Bandeng Kawak dipusatkan di Bandar Grissee Jalan Badan Rahmat, Gresik pada Kamis, 20 April 2023. Harga cabai, telur pada awal Ramadan terkerek naik. Kini, stabil. “Karena pemerintah melakukan intervensi untuk melakukan stabilitas harga,” tegas Wabup berlatar pendidik itu.

Bu Min melanjutkan pemantau harga pasar ini akan dilaporkan ke pemerintah pusat. Setelah melakukan pemantauan harga di PBG, Bu Min menyempatkan mampir di stan pasar murah yang dilakukan oleh Wilmar Nabati Indonesia (WINA) di Kompleks Pasar Baru Gresik di Jalan Gubernur Suryo, Gresik. Bu Min puas karena di stan tersebut menjual kebutuhan pokok yang sangat terjangkau oleh masyarakat. Setelah itu, rombongan melanjutkan menuju Gressmall kemudian Iconmall. (yad)