Diduga Korsleting Gudang Plastik Jotra Ecotek Indonesia Terbakar 

GRESIK,1minute.id – Gudang daur ulang plastik PT Jotra Ecotek Indonesia ludes terbakar pada Kamis, 27 April 2023. Seluruh barang dan bahan produksi berlokasi di Jalan Kamboja, Dusun Sumber Jalin, Desa Sumberrame, Kecamatan Wringinanom itu menjadi abu. Penyebab kebakaran ditegarai akibat konsleting. 

Dalam keterangan tertulisnya, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik Agustin Holomoan Sinaga mengungkapkan berdasarkan keterangan dari sejumlah warga setempat gudang produksi itu terbakar sekitar pukul 16.29 WIB. Sore itu, tidak ada aktivitas produksi. Karena masih libur lebaran. Asap hitam keluar dari gudang produksi itu. Seorang warga bernama Fuad,  50, yang mengetahui kejadian itu kemudian melaporkan ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik. 

“Saat itu api sudah membakar seluruh gudang produksi beserta bahan produksi ikut terbakar,” kata Sinaga pada Kamis 27 April 2023. Sebanyak delapan personil diturjunkan ke tempat kejadian kebakaran (TKP). Api sudah besar hampir seluruh gudang dan bahan produksi dilahap si jago merah.  

Petugas butuh waktu cukup lama untuk menjinakkan amuk si jago merah. Sebab, media yang terbakar berbahan plastik. “Selama hampir 5 jam, kami bisa memadamkan api,” katanya.  Terkait penyebab kebakaran, Sinaga, menduga akibat konsleting. “Karena saat kejadian tidak ada aktivitas pekerjaan. Seluruh pekerja masih libur,” katanya 

Sebelumnya, gudang PT Solusi Maju Bersama yang berada di Kompleks pergudangan di Jalan Raya Cangkir, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik juga terbakar. Gudang bahan baku kimia untuk benang itu terbakar sekitar pukul 08.20 WIB. “Tidak ada korban jiwa dalam dua kejadian kebakaran itu,” tegas Sinaga. (yad)