Bakar Sampah,Ratusan Kubik Kayu Di Kertosono Jadi Arang

GRESIK,1minute.id – Ratusan kubik kayu palet milik PT Prima Force menjadi arang. Kayu bernilai puluhan jutaan hangus setelah gudang pabrik berlokasi Desa Kertosono, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik itu di amuk si jago merah pada Rabu, 24 Mei 2023.

Penyebab, kebakaran diduga human error. “Ada pekerja yang membakar sampah. Lalu ditinggal pergi. Hembusan angin api menjalar ke bagian gudang kayu,” terang Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik Agustin Halomoan Sinaga pada Kamis, 25 Mei 2023.

Sinaga menjelaskan kebakaran pabrik kayu, Prima Force berawal seorang pekerja membakar sampah di sekitar lokasi pabrik berlokasi di Desa Kertosono, Kecamatan Sidayu pada Rabu, 24 Mei 2023. Saat itu sekitar pukul 13.58 WIB. Kondisi cuaca sedang panas. Tanaman juga kering karena musim kemarau. Hembusan angin juga cukup kencang.

Pekerja yang belum diketahui identitasnya itu kemudian pergi. Ia tidak menduga api bisa menjalar ke bagian gudang tempat penyimpanan kayu palet. Tumpukan kayu palet setinggi orang dewasa yang disimpan di luar halaman gudang tersambar lidah api. “Kami mendapatkan laporan kebakaran pukul 13.58 WIB. Satu regu tiba di lokasi pukul 15.02 WIB,” terang Sinaga. 

Kobaran api sangat besar karena media yang terbakar kayu, barang mudah terbakar. Petugas Damkarmat yang berjumlah sembilan personil dengan satu unit mobil damkar dan satu unit mobil suplai air sempat kuwalahan. Namun, petugas dibawah komando A. Fathoni, A, perwira piket harus berjibaku menjinakkan api hingga pukul 20.15 WIB. “Kami harus pastikan tidak ada kebakaran susulan. Selain itu, tidak ada alat berat untuk mengurai tumpukan kayu,” tegas mantan Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif, Pemuda dan Olahraga (Disparekrafbudpora) Gresik itu.

Kebakaran gudang kayu palet itu, menambah panjang daftar kejadian kebakaran di Kota Industri-sebutan lain-Kabupaten Gresik. Data Dinas Damkarmat Gresik tercatat 8 kejadian kebakaran dan 39 kejadian penyelamatan (rescue). (yad)