Rekonstruksi Jalan Randegansari-Bangkingan Diestimasikan Rampung September 2023

GRESIK,1minute.id – Kepala Desa Gadung, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik Suwarno tidak bisa menyembunyikan perasaan senangnya. Sebab, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik mewujudkan mimpi warganya memiliki jalan mulus. Jalan Raya Randegansari-Bangkingan. 

Jalan yang menghubungkan Kabupaten Gresik dengan Kota Surabaya itu. Sejak awal Mei 2023, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik merekonstruksi ruas jalan itu. Meski, rekonstruksi belum seratus persen tuntas. Rekonstruksi jalan Randegansari-Bangkingan sejak Mei 2023 panjangnya baru 300 meter, lebar 4 meter dengan konstruksi aspal. Sedangkan, bahu jalan selebar 1 meter dengan konstruksi rigit (perkerasan kaku).

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyampaikan pihaknya akan terus berupaya melakukan langkah-langkah strategis dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Termasuk melalui perbaikan berbagai infrastruktur, terutama untuk infrastruktur yang menunjang peningkatan perekonomian masyarakat.

“Kami terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan perbaikan infrastruktur jalan. Pemkab Gresik akan mengupayakan hal tersebut sesuai harapan kita semua untuk mewujudkan Gresik baru yang lebih maju,” tegas Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani itu.

Sementara itu, Pengawas proyek rekonstruksi ruas Jalan Randegansari-Bangkingang Agung Budi Prasetyo menyatakan, pengerjaan jalan Randegansari-Bangkingan mulai dikerjakan pada Mei 2023. Selesai  pada September 2023 nanti. Pekerjaan dimulai rigit bahu jalan. “Sekarang sudah bisa di lewati, nanti saat pengaspalan kemungkinan jalan akan di tutup sementara,” terang Agung pada Rabu, 15 Juni 2023.

Selama jalan ditutup kembali, masyarakat dihimbau untuk sementara melewati Jalan Penghubung Desa (JPD) Gadung. Lokasinya berada di sebelah selatan ruas jalan yang saat ini dikerjakan. Nanti akan dipasang pemberitahuan. Saat ini, sejumlah pekerja tersebut beraktivitas pekerjaannya. 

Kepala Desa Gadung Suwarno menyampaikan bahwa rekonstruksi jalan ini sudah dinantikan warga. Ini lantaran ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Gresik dan Kota Surabaya ini cukup tinggi mobilitasnya. Disamping itu, banyak warganya yang juga membuka toko/warung di kanan kiri jalan.

“Warga sudah bertahun-tahun menunggu ada pengerjaan ini. Kini masyarakat super happy begitu mendengar bahwa ruas ini di rekonstruksi. Harapannya, nantinya rekonstruksi ini bisa terus berlanjut,” harapnya. Hadi, salah satu pengguna jalan setali tiga uang dengan Suwarno. “Setiap hari saya melintasi jalan ini. Semoga bisa segera rampung dan mulus nanti jalannya,” harapnya. (yad)