Cerita Sahri, 75 Tahun di Santunan Abang Becak Rangkaian Peringatan HUT ke-51 Petrokimia Gresik 

GRESIK,1minute.id – Nafas Sahri masih ngos-ngosan. Kakek dua cucu itu berusia 75 tahun itu langsung menyelonjorkan kedua kakinya. Ngeluk geger alias mengistrihatkan badan setelah mengayuh becak dari simpang tiga Tenger, Desa Sukomulyo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik menuju GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik, tempat santunan Abang Becak Rangkaian Peringatan HUT ke-51 Petrokimia Gresik itu. 

Jaraknya kurang lebih 4 kilometer. Ketika masih muda, Sahri hanya butuh waktu tidak lebih 15 menit. Namun, saat ini kakek yang kumis berwarna putih tinggal di Desa Sukomulyo, Kecamatan Manyar itu membutuhkan waktu lebih 60 menit. “Berhenti beberapa kali. Jalan menanjak, becak Saya dorong,” cerita Sahri saat ditemui di GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik pada Rabu, 12 Juli 2023. 

53 TAHUN MEMBECAK : Sahri,75, pengayuh becak asal Desa Sukomulyo, Kecamatan Manyar ketika mengikuti Santunan Abang Becak Rangkaian Peringatan HUT ke-51 Petrokimia Gresik di GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik pada Rabu, 12 Juli 2023 (Foto: chusnul cahyadi/1minute.id)

Lebih dari separuh hidup Sahri dihabiskan untuk membecak. Memberikan nafkah bagi istri dan anak semata wayangnya. Ia mengaku menekuni profesi sebagai pengayuh becak sejak 1970. Sudah 53 tahun atau setahun sebelum Petrokimia Gresik resmi beroperasi. 

Sahri lahir pada 1948. Ia memiliki satu anak dan dua cucu. Sahri pergi ke GOR Tri Dharma Petrokimia karena mendapat kabar perusahaan Solusi Agroindustri itu sedang memberikan santunan untuk Abang Becak. Sudah ada ratusan pengayuh becak yang datang. Catatan panitia, kegiatan bakti sosial rangkaian Peringatan HUT ke-51 Petrokimia Gresik ini diikuti 565 orang, termasuk Sahri. Setiap abang Becak mendapatkan santunan uang tunai dan bingkisan.

“Saya dikabari Petrokimia Gresik bancakan. Jadi Saya langsung pergi,” katanya sambil memijat betis kakinya. 

CERIA : Ratusan Abang Becak usai mengikuti Santunan Abang Becak Rangkaian Peringatan HUT ke-51 Petrokimia Gresik di GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik pada Rabu, 12 Juli 2023 ( Foto: chusnul cahyadi/1minute.id)

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, Petrokomia Gresik berbagi berkah diikuti 535 abang becak.  Mengapa abang becak. Dwi Satriyo Annurogo menyebut beberapa alasan. Pertama, abang becak dianggap oleh warga dan manajemen perusahaan memiliki banyak jasa. “Saya atas nama warga dan manajemen mengucapkan terima kasih. Abang becak telah banyak membantu selama ini,” kata Dwi Satriyo Annurogo usai santunan di GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik pada Rabu, 12 Juli 2023.

Ia mencontohkan, ketika ada tamu yang kebingungan mencari alamat seseorang, tanya kepada Abang Becak. Selain itu, Abang becak seringkali membantu anak sekolah menyeberang jalan. Di kawasan Petrokimia Gresik di Jalan Ahmad Yani, Gresik terdapat SD Petrokimia Gresik. 

“Ketika ada anak-anak kecil sekolah, mereka ini mau menolong menyeberangkan. Abang becak ini mau menolong, ini tentu luar biasa dan Saya sampaikan terima kasih,” imbuh peraih Best Performance di ajang Innolympia Festival Chief Business Development Officer (CBDO) Innovation School 2023 di Kantor Kementerian BUMN RI ini.

Dwi Satriyo Annurogo melanjutkan, santunan Abang Becak ini akan dilakukan pada tahun-tahun mendatang. “Mohon doa agar Petrokimia Gresik terus beroperasi, lebih maju dan lebih berkembang dalam mengemban amanat untuk kemajuan dan kemakmuran bangsa,” pungkasnya. (yad)