Wabup Aminatun Habibah Ajak 15 Pasangan Finalis Cak dan Yuk Gresik, Kenalkan Potensi Wisata Gresik 

GRESIK,1minute.id – Sebanyak 15 pasangan finalis duta wisata, Cak dan Yuk Gresik 2023 bertemu Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah di Kantor Bupati Gresik pada Rabu, 12 Juli 2023.

Pada kesempatan itu, Wabup Aminatun Habibah lebih banyak memberikan pencerahan terkait pariwisata di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini. Bu Min-sapaan karib-Aminatun Habibah, diantaranya Wedani sebagai Desa Devisa. Desa Wedani berada Kecamatan Cerme. Mayoritas penduduk di kampung itu, perempuan dan laki-laki adalah pengerajin tenun tradisional. Pengerajin tenun tradisional menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).

“Untuk tenun Wedani, pemerintah sudah berupaya untuk Go Internasional melalui pameran maupun even tingkat nasional. Secara lokal sementara ini kita kenalkan melalui sekolah dan instansi yang ada di Kabupaten Gresik,” kata Aminatun Habibah yang didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Parekrafbudpora) Gresik Saifudin Ghozali.

Desa Wedani berpotensi menjadi jujugan wisatawan karena keunikan alat tenun dan  kain tenun berkualitas sudah merambah pasar dunia, yakni, Asia, ASEAN hingga Timur Tengah. Juga, Bandar Grissee. Penataan kawasan kolaborasi dengan pemerintah pusat.

“Terus gali potensi, selain wisata, dan makanan, pondok pesantren juga harus ikut diperkenalkan. Karena julukan Kabupaten Gresik sebagai kota santri dan kota wali yang di dalamnya terdapat banyak pondok pesantren,” ucap wabup perempuan pertama di Kabupaten Gresik itu.

Audiensi bersama 15 pasangan finalis Cak dan Yuk Gresik ini juga dihadiri Asisten III Nuri Mardiana, Kepala Bappeda Misbahul Munir, Kepala Dinas Kesehatan dr. Mukhibatul Khusnah, Kadis Kominfo Ninik Asrukin serta Sekretaris Disnaker Gresik Nurlailie Indah Kusumawatie. (yad)