Penutupan IHT, UPT SMP Negeri 2 Gresik Hadirkan Motivator Hypnoteaching & Hypnolearning 

GRESIK,1minute.id – Libur sekolah segera berakhir. Siswa bersiap masuk sekolah. Lembaga sekolah pun mempersiapkan diri menggelar masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) yang rencananya di mulai Senin lusa, 17 Juli 2023.

Ada yang baru di tahun ajaran 2023/2024 di Kabupaten Gresik ini. Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik akan menguji coba sekolah “full day School” untuk jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertama (SD & SMP) Negeri. Siswa sekolah lima hari, Senin sampai Jumat. Sabtu dan Minggu libur. Sebelumnya, siswa SD & SMP Negeri, mengikuti kegiatan belajar mengajar mulai Senin sampai Sabtu. 

Sistem baru ini menuntut sekolah, baik tenaga pendidik dan tenaga kependidikan berbenah. Tenaga pendidik alias guru dituntut lebih kreatif dan menyenangkan dalam memberikan materi pembelajaran. Harapannya, materi pembelajaran mudah dicernah, siswa senang dan betah di sekolah. 

UPT SMP Negeri 2 Gresik, misalnya. Sekolah dipimpin oleh Mohammad Salim ini, menutup kegiatan In House Training (IHT) yang diikuti tenaga pendidik (guru) dan tenaga kependidikan atau staf administrasi, tata usaha dengan menyelenggarakan hypnoteaching dan hypnolearning. 

Kegiatan bertujuan peningkatan profesionalisme guru dan tendik menyongsong tahun ajaran 2023/2024 ini menghadirkan motivator Afif Hidayatullah, Dosen Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) Gresik.

Menurut Mohammad Salim, salah satu kunci sukses pembelajaran terletak pada prosesnya. Hypnoteaching ini, ia melanjutkan, adalah seni berkomunikasi dengan jalan memberikan sugesti agar para siswa menjadi lebih cerdas. “Dengan model dan metode yang menyenangkan aktif, kreatif yang diperankan oleh guru untuk menarik minat perhatian melalui permainan, game kelompok,” katanya pada Sabtu, 15 Juli 2023.

SONGSONG TAHUN AJARAN : (kiri) Rojak, Waka Kurikulum UPT SMP Negeri2 Gresik (tengah) Dosen UISI Gresik Afif Hidayatullah, (kanan) Kepala UPT SMP Negeri 2 Gresik Mohammad Salim sebelum kegiatan Hypnoteaching dan hypnolearning untuk Guru dan Tendik UPT SMP Negeri 2 Gresik pada 13 Juli 2023 ( FOTO : UPT SMP Negeri 2 Gresik for 1minute.id)

Dalam mengajar, katanya, kreativitas sangat dibutuhkan untuk merancang pembelajaran yang bermakna sekaligus menyenangkan supaya siswa tidak mengalami kesulitan menangkap semua materi dan juga juga pesan-pesan yang disampaikan Guru Pintar. Dan, salah satu penyebab siswa sulit belajar adalah ketidakcocokan antara metode ajar yang diterapkan guru dengan cara kerja otak siswa.

“Nah, di sinilah metode hypnoteaching dan hypnolearning dapat membantu supaya semua siswa dapat belajar dengan senang,” kata Salim yang juga Pembina Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP di Kabupaten Gresik itu.

Kegiatan dikuti oleh seluruh guru dan tenaga kependidikan di UPT SMPN 2 Gresik ini terasa gayeng. Antusias peserta dan penuh kekeluargaan yang diterapkan oleh motivator sangat menumbuhkan kekompakan. Sebab, materi yang diberikan menyenangkan peserta. 

“Pada materi permainan game, peserta terlihat lucu dan menikmati terasa terhipnotis kembali ke zaman anak-anak dulu yang riang gembira seperti siswa SMP lagi,” cerita Salim. 

Kegiatan hypnoteaching dan hypnolearning diselenggarakan oleh UPT SMP Negeri 2 Gresik yang berlokasi di Jalan KH Kholil, Gresik ini mendapatkan apresiasi dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik. Sebab, kegiatan kegiatan unik dan bermanfaat untuk merefresh kembali model pembelajaran berpusat pada siswa yang disebut pembelajan aktif, Inovatif, Kreatif, efektif, dan menyenangkan.

Seperti di beritakan UPT SMP Negeri 2 Gresik menggelar In House Training (IHT) yang diikuti guru dan tendik selama 3 hari, mulai 10 Juli sampai 13 Juli 2023. Kegiatan digelar di ruang guru di sekolah itu. (yad)