Damkarmat Gresik Selamatkan Burung Hantu Terjerat Benang Layang-layang di Ranting Pohon

GRESIK, 1minute.id – Seekor burung hantu “terborgol” benang layang-layang. Burung buas pemangsa hewan tikus itu tidak berdaya. Diduga, burung hantu terperangkap benang layangan itu sejak Minggu malam. Burung hantu itu terus berteriak “hoo..hoho…”. Teriakan burung hantu di pagi hari sekitar pukul 08.55 WIB membuat warga sekitar Desa Mentaras, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik mencari arah sumber suara itu.

Burung hantu ternyata nangkring diatas ranting pohon di halaman belakang rumah Hidayatu Afifa, 51, warga desa setempat. Kedua sayap burung malam itu terjerat benang layang-layang. Ranting pohon itu cukup tinggi, lebih dari 5 meter.  Tidak ada warga yang berani memanjat pohon itu. Lutfi, salah seorang warga setempat kemudian meminta bantuan petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik. Lutfi menghubungi call center 112 Gresik. 

Lima orang personil rescue dari Damkarmat diturunkan. Lima personil yakni Maskur ; Awaludin Jamil ; Rudi Cahyono ; M. Nafis Nabawi dan Zainut Tauhid adalah petugas di Posko Dukun. Menggunakan tangga mobil rescue mereka berhasil mengevakuasi  burung hantu tersebut.  “Untuk rescue burung hantu ini butuh waktu 20 menitan,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik Agustin Halomoan Sinaga pada Senin, 31 Juli 2023.

Penyelamatan burung hantu yang dapat digunakan sebagai agen hayati dalam pengendalian hama tikus di persawahan yang  memiliki kemampuan memangsa 2 hingga 5 ekor tikus dalam semalam ini kali pertama. “Secara keseluruhan dalam bulan ini (Juli,Red) sebanyak 38 kali penyelamatan,” kata Sinaga. (yad)