8 Jam Api Belum Padam, Pabrik Plastik Gunung Agung Sentosa “Lucky Star” Menganti Terbakar 

 GRESIK,1minute.id – Kebakaran hebat terjadi di pabrik plastik, PT Gunung Agung Sentosa di Kepatihan Industri, Desa Kepatihan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik pada Senin, 31 Juli 2023. Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik harus kerjaekstra untuk menjinakkan amuk si jago merah itu.

Hingga pukul 20.50 WIB atau lebih 8 jam, petugas belum berhasil memadamkan api. “Selain barang plastik yang mudah terbakar. Kami juga kesulitan mendapatkan suplai air,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Gresik Agustin Halomoan Sinaga ketika dikonfirmasi 1minute.id pukul 20.45 WIB pada Senin, 31 Juli 2023.

Sinaga melanjutkan, proses pemadaman yang cukup lama ini, karena petugas kesulitan mendapatkan pasokan air. “Pabrik juga tidak mempunyai hidrant,” ujarnya. Kebakaran pabrik plastik yang dikenal oleh warga bernama Lucky Star ini terjadi pada pukul 12.30 WIB. Asap hitam membumbung tinggi melawan angkasa itu  bisa terlihat di radius 10 kilometer. Tiupan angin membuat bara api semakin tidak dikendalikan. “Cerme mendadak gelap,” cerita Lutfi, seorang warga Kecamatan Cerme. Jarak Desa Kepatihan, Kecamatan Menganti dengan Desa Cerme Kulon, Kecamatan Cerme kurang lebih 10 kilometer. 

Asap muncul kali pertama diketahui di salah satu bagian gudang di belakang pabrik. Gudang itu menyimpan barang yang siap untuk di kirim. Penyebab gudang itu terbakar masih dilakukan penyelidikan. Melihat nyala api dan asap tebal membuat ratusan pekerja panik. Mereka menyelamatkan diri. 

Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom melalui Kapolsek Menganti AKP Inggit Prasetyanto dikonfirmasi mengatakan, petugas damkar masih berada di lokasi untuk melakukan pembasahan. “Karena masih terlihat asap,” kata Inggit pada Senin malam. Sebanyak 6 unit mobil damkar dikerahkan. Mobil damkar milik Pemkab Gresik juga mobil damkar milik sejumlah perusahaan di Kota Industri-sebutan Lain-Kabupaten Gresik ini.

Pabrik PT Gunung Agung Sentosa memproduksi apa? Dalam laman luckystar.co.id disebutkan PT. Gunung Agung Sentosa berdiri pada 2011. Pabrik ini sebagai solusi lengkap kebutuhan rumah tangga dan industri yang berfokus dalam pengembangan kotak penyimpanan plastik, kebutuhan dapur mulai dari persiapan pembuatan makanan hingga penyajian dan peralatan kebersihan untuk rumah tangga, kantor, hotel, restoran cafe, jasa catering dan berbagai macam keperluan industri dengan merek dagang “Lucky Star”. (yad)